5 Rekomendasi Olahraga untuk Membentuk Tubuh Ala Jam Pasir, Bisa Dicoba di Rumah

Terdapat beberapa metode sederhana yang bisa diterapkan di rumah untuk membantu mendapatkan bentuk tubuh jam pasir atau hourglass.

oleh Miranti diperbarui 24 Sep 2024, 11:07 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 11:07 WIB
olahraga
Ilustrasi pilates di dalam rumah. (Foto: Unsplash/Dane Wetton)

Liputan6.com, Jakarta Bentuk tubuh jam pasir atau hourglass menjadi impian banyak perempuan saat ini. Bentuk tubuh ini biasanya ditandai dengan pinggang yang ramping serta bahu dan pinggul yang seimbang, sehingga memberikan tampilan yang sangat menarik.

Bahkan, banyak selebriti internasional yang memiliki bentuk tubuh ini karena memberikan kesan seksi dan penuh karisma. Walaupun setiap orang memiliki bentuk tubuh alami yang berbeda, kamu bisa mencoba beberapa latihan untuk membantu membentuk tubuh yang lebih seimbang seperti jam pasir.

Bagi yang penasaran, di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mencapai bentuk tubuh tersebut. Apa saja, ya? Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (24/9/24).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Latihan Plank untuk Menguatkan Otot Inti

4 Olahraga Terbaik untuk Membentuk Tubuh Hourglass, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah
Ilustrasi latihan plank. (c)Tirachard/Depositphotos.com

Plank adalah latihan yang sangat baik untuk menguatkan otot inti, termasuk perut dan punggung. Dengan otot inti yang kuat, kamu dapat membantu membentuk pinggang yang lebih ramping dan kencang, mendukung tampilan jam pasir.

Untuk melakukan plank, posisikan tubuh seperti akan melakukan push-up, tetapi tahan posisi ini dengan lengan bawah di lantai. Pastikan tubuh tetap lurus dari kepala hingga kaki. Tahan posisi ini selama 30-60 detik, dan ulangi 3-5 kali per sesi latihan.


2. Squat untuk Mengencangkan Pinggul dan Paha

Ilustrasi squat
Ilustrasi squat. (Image by benzoix on Freepik)

Kamu juga bisa mencoba squat, latihan yang efektif untuk mengencangkan otot paha dan bokong. Latihan ini sangat penting untuk membentuk tubuh bagian bawah agar terlihat lebih seimbang.

Untuk melakukan squat, posisikan kaki selebar bahu, kemudian turunkan tubuh seolah-olah kamu sedang duduk di kursi, lalu kembali ke posisi berdiri. Pastikan punggung tetap lurus dan lutut tidak melebihi ujung jari kaki. Lakukan 3 set, masing-masing 12-15 kali. Untuk hasil maksimal, kamu juga bisa menambahkan beban seperti dumbbell atau botol air.


3. Russian Twist untuk Pinggang Ramping

Melakukan Senam Zumba
Ilustrasi Melakukan Senam Zumba Credit: freepik.com

Russian twist adalah latihan yang secara khusus menargetkan otot pinggang, membantu mempertegas lekukan pinggang. Caranya cukup mudah, dimulai dengan duduk di lantai sambil menekuk lutut, kemudian sandarkan tubuh sedikit ke belakang.

Pegang beban ringan atau bola di depan dada, lalu putar tubuh ke kanan dan kiri secara bergantian sambil menggerakkan lengan mengikuti arah putaran. Lakukan 3 set dengan 15-20 kali putaran di setiap sisi untuk hasil optimal.


4. Latihan Shoulder Press untuk Membentuk Bahu

Jepang
Ilustrasi olahraga Rajio Taiso. (Foto: Unsplash/Yulissa Tagle)

Bahu yang kuat dan proporsional bisa membuat tubuh bagian atas terlihat lebih menonjol, yang penting untuk mencapai siluet hourglass. Shoulder press adalah latihan sederhana yang dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan dumbbell atau benda berat lain, seperti botol air. 

Berdirilah dengan kaki selebar bahu, pegang dumbbell di masing-masing tangan, lalu dorong tangan ke atas hingga lurus, dan turunkan kembali. Lakukan 3 set dengan 12-15 kali repetisi. Latihan ini akan membantu memperkuat bahu dan lengan agar tubuh bagian atas lebih terbentuk.


5. Burpees

Kebugaran Jasmani
Ilustrasi Senam Credit: pexels.com/LiSun

Burpees adalah latihan full-body yang meningkatkan kekuatan dan kebugaran kardio. Meskipun menantang, jenis latihan ini jika dilakukan secara teratur sangat efektif untuk membakar kalori dan mendapatkan body goals.

Dengan melakukan latihan-latihan ini secara rutin, kamu bisa membentuk tubuh yang lebih proporsional dan mengarah pada bentuk hourglass. Selain latihan fisik, pastikan juga menjaga pola makan sehat dan cukup istirahat untuk mendukung proses pembentukan tubuh yang optimal. Kamu bisa melakukan semua latihan ini sendiri di rumah dengan alat sederhana dan hasil yang memuaskan!

 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya