Kesaksian Ngeri Penggali Makam Tentang Fakta Siksa Kubur, Tulang Belulang Remuk Menumpuk

Suatu ketika, dalam momen tahlilan, KH Marzuqi Mustamar berceramah tentang hadis riwayat Bukhari kewajiban sholat dalam hadis Bukhari dan siksa kubur bagi orang yang meninggalkan sholat

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Sep 2022, 02:30 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2022, 02:30 WIB
Fakta-fakta Tentang Siksa Kubur Dan Ini Nyata!
Alam kubur

Liputan6.com, Banyumas - Sholat lima waktu adalah kewajiban tiap muslim. Namun, nyatanya ada sebagian mukalaf yang kerap tinggalkan sholat fardhu, alias meremehkan.

Sementara, ada 15 ancaman siksa, baik di dunia, alam kubur maupun akhirat kepada orang-orang yang meninggalkan sholat. Kesaksian penggali kubur tentang bukti kenyataan adanya siksa di alam kubur ini semoga menjadi ibrah untuk umat Islam yang masih hidup di dunia.

Cerita ini dikisahkan oleh KH Marzuqi Mustamar, Pimpinan Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Gasek, Malang, Jawa Timur. Kiai Marzuqi juga menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur periode 2018-2023.

Suatu ketika, dalam momen tahlilan, Kiai Marzuqi berceramah tentang hadis riwayat Bukhari kewajiban sholat dalam hadis Bukhari dan siksa kubur bagi orang yang meninggalkan sholat. Di tengah ceramah, mendadak ada seorang jemaah yang menyeletuk, "Benar kiai," ucap si jemaah.

Lantas Kiai Marzuqi mendalami pernyataan si jemaah, bagaimana bisa di membenarkan siksa kubur tersebut. Lantas, si jemaah bercerita bahwa dia berprofesi sebagai penggali makam.

Di perkotaan, tempat pemakaman umum telah penuh sehingga lazimnya penggalian dilakukan di tempat yang kira-kira masih bisa menampung. Jika lahan sudah habis, maka sudah menjadi kebiasaan kubur baru tersebut digali di makam yang sudah tua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Siksa Kubur dalam Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim

Fakta-fakta Tentang Siksa Kubur Dan Ini Nyata!
Ilustrasi alam Barzah

Pengalaman sebagai penggali makam membuatnya menyaksikan berbagai keanehan. Ada jenazah yang utuh dan bahkan kain kafannya masih ada noda darah segar. Ini adalah jenazah seseorang yang diyakini syahid dalam perjuangan kemerdekaan.

Kemudian, ada pula kerangka yang normal. Tengkorak sebelah utara, tulang punggung di tengah, selanjutnya sisi selatan bagian tulang kaki.

Namun, ada pula yang tampak menakutkan. Kerangka bertumpuk dan berserakan dengan kondisi hancur. Bagaimana bisa kerangka tersebut menumpuk sedemikian rupa, sementara tidak ada makhluk hidup yang memindahkannya?

Kesaksian penggali kubur itu menunjukkan bahwa siksa kubur nyata. Karena itu, setiap muslim hendaknya melaksanakan kewajiban sholat fadhu dengan kesungguhan hati.

Hadis riwayat Bukhari dan Muslim juga menjelaskan,di antara siksa kubur adalah himpitan kubur. Dua dinding kubur dari kedua arah akan mendekat sehingga tulang-tulang rusuk saling masuk-memasuki. Tulang-tulang rusuk yang ada di sisi kanan akan merapat lalu masuk ke tulang-tulang rusuk di sisi kiri.

Di antara siksa kubur juga adalah ketidaknyamanan karena gelapnya kuburan dan kesunyiannya yang mencekam. Di antaranya juga, pukulan malaikat Munkar dan Nakir kepada orang kafir dengan palu dari besi yang jika digunakan untuk memukul sebuah gunung maka gunung itu akan hancur lebur. Ketika dipukul, orang kafir itu akan menjerit dengan keras dan didengar oleh semua yang ada di dekatnya kecuali manusia dan jin (HR al-Bukhari dan Muslim).

 


Hadis Qudsi Tentang Siksa Kubur

Penggali Makam TPU Cikadut
Sejumlah penggali makam menggali tanah sebagai liang lahat untuk jenazah korban virus Corona. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Mengutip kemdikbud.go.id, berdasarkan hadis kudsi sebagai berikut ada siksaan untuk orang yang menyepelekan sholat.

وَمَنْ تَهَاوَنَ بِاالصَّلَاةِ عَاقَبَهُ اللَّهُ بِخَمْسِ عَشَرَةَ عُقُوْبَةً سِتٍّ فِى الدُّنْيَاوَثَلَاثٍ عِنْدَالْمَوْتِ وَثَلَاثٍ عِنْدَدُخُوْلِهِ فِى الْقَبْرِوثَلَاَثٍ عِنْدَلِقَاءِرَبِّهِ (اَىْ مَوْقِفِ الْقِيَامَةِ) فَاَمَّااللَّوَاتِى فِى الدُّنْيَافَالْاُوْلَى تُنْزَعُ الْبَرَكَةُ مِنْ عُمْرِهِ , وَالثَّانِيَةُ تُمْحَى سِيَّمَا الصَّالِحِيْنَ مِنْ وَجْهِهِ وَالثَّالِثَةُ كُلُّ عَمَلٍ يَعْمَلُهُ لَا يُؤَاجِرُهُ اللَّهُ عَلَيْهَ وَالرَّابِعَةُ لَا يُرْفَعُ لَهُ دُعَاءٌ إِلَى السَّمَاءِوَالْخَامِسَةُ لَيْسَ لَهُ حَظٌّ فِى دُعَاءِ الصَّالِحِيْنَ وَالسَّادِسَةُ تَخْرُجُ رُوْحُهُ بِغَيْرِاِيْمَانٍ وَأَمَّاالَّتِى تُصِيْبُهُ عِنْدَ الْمَوْتِ فَالْاُوْلَى أَنْ يَمُوْتَ ذَلِيْلًا وَالثَّانِيَةُ أَنْ يَمُوْتَ جَائِعًاوَالثَّالِثَةُ أَنْ يَمُوْتَ عَطْشَانَ وَلَوْسُقِىَ بِحَارِ الدُّنْيَامَارَوِىَ وَأَمَّاالَّتِى تُصِيْبُهُ فِى الْقَبْرِ فَالْاُوْلَى يُضَيِّقُ اللَّهُ عَلَيْهِ الْقَبْرَ حَتَّى تَخْتَلِفَ أَضْلَا عُهُ وَالثَّانِيَةُ يُوْقَدُ عَلَيْهِ فِى قَبْرِهِ يَتَقَلَّبُ عَلَى الْجَمْرِ لَيْلًا وَنَهَارًا. وَالثَّالِثَةُ يُسَلَّطُ عَلَيْهِ فِى قَبْرِهِ ثُعْبَانٌ اسْمُهُ الشُّجَاعُ الْاَقْرَعُ يَضْرِبُهُ عَلَى تَضْيِيْعِ الصَّلَوَاتِ وَيَسْتَغْرِقُ تَعْذِيْبُهُ بِمِقْدَارِأَوْقَاتِ الصَّلَوَاتِ وَاَمَّاالَّتِى تُصِيْبُهُ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ اِذَاانْشَقَّتِ السَّمَاءُيَأْتِيْهِ مَلَكٌ وَبِيَدِهِ سِلْسِلَةٌ ذَرْعُهَاسَبْعُوْنَ ذِرَاعًافَيُعَلِّقُهَافِى عُنُقِهِ ثُمَّ يُدْخِلُهَا فِى فِيْهِ وَيُخْرِجُهَامِنْ دُبُرِهِ وَهُوَيُنَادِىْ هَذَاجَزَاءُمَنْ يُضَيِّعُ فَرَائِضَ اللَّهِ . قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَا : لَوْأَنَّ حَلَقَةً مِنَ السِّلْسِلَةِ وَقَعَتْ عَلَى الْاَرْضِ لَاَ حْرَقَتْهَا. اَلثَّانِيَةُ لَايَنْظُرُاللَّهُ اِلَيْهِ وَالثَّالِثَةُ لَا يُزَكِّيْهِ وَلَهُ عَذَابٌ اَلِيْمٌ . وَيُرْوَى أَنَّ أَوَّلَ مَايَسْوَدُّيَوْمَ الْقِيَامَةِ وُجُوْهُ تَارِكِى الصَّلَاةِ وَأَنَّ فِى جَهَنّمَ وَادِيًايُقَالُ لَهُ لَمْلَمُ فِيْهِ حَيَّاتٌ كُلُّ حَيَّةٍ بِثِخَنِ رَقَبَةِ الْبَعِيْرِ طُوْ لُهَامَسِيْرَةُ شَهْرٍ تَلْسَعُ تَارِكَ الصَّلَاةِ فَيَغْلِى سُمُّهَافِى جَسَدِهِ سَبْعِيْنَ سَنَةً يَتَحَرَّى لَحْمُهُ

Sabda Nabi SAW: “Barang siapa yang menyepelekan sholat (menggampangkan sholat), maka Allah akan menyiksanya dengan lima belas macam siksaan; enam siksaan di dunia, tiga siksaan ketika menjelang mati, tiga siksaan dialam kubur dan tiga siksaan ketika keluar dari alam kubur“. (Qurtubi(Qurratul ‘uyun: hlm.2)).

6 Macam Siksaan Ketika di Dunia:

1). Allah akan menghilangkan keberkahan dari umurnya;

2). Tanda kesholehannya akan dihapus oleh Allah dari keningnya;

3). Semua amalnya tidak akan diberi pahala oleh Allah SWT;

4). Allah SWT tidak akan mengangakat doanya ke langit;

5). Semua makhluk di dunia akan menyepelekannya;

6). Dia tidak akan mendapatkan bagian doanya orang-orang sholeh.

3 Macam siksaan Ketika Sakarotul maut yaitu:

1). Bahwasanya orang yang meninggalkan sholat dia akan mati dalam keadaan hina;

2). Bahwasanya orang yang meninggalkan sholat dia akan mati dalam keadaan lapar;

3). Bahwasanya orang yang meninggalkan sholat dia akan mati dalam keadaan haus, walau air lautan di dunia diminumkan kepadanya, maka tetap tidak akan pernah menghilangkan rasa haus dahaganya.

 


3 Macam Siksa di Alam Kubur dan Hari Kiamat

Afrika Selatan secara resmi berada dalam gelombang kedua COVID
Seorang penggali makam melihat ke dalam kuburan di Pemakaman Motherwell di Port Elizabeth, Afrika Selatan pada 4 Desember 2020. Menteri Kesehatan Afrika Selatan, Zweli Mkhize pada Rabu (9/12/2020) mengumumkan negara itu sekarang sedang mengalami gelombang kedua Covid-19. (AP Photo/Theo Jeftha)

3 Macam Siksaan Ketika Berada Di Alam Kubur yaitu:

1). Kuburnya akan disempitkan oleh Allah dan dihimpitnya sampai tulang rusuknya hancur berantakan;

2). Didalam kuburnya akan dinyalakan api neraka, kemudian orang yang meninggalkan sholat siang malam, ia akan dipanggang dan dibolak-balikan diatas bara api tersebut;

3). Ular yang bernama Syuja’al-Aqro’ akan datang pada orang-orang yang meninggalkan sholat. Ular syuja’al aqro’ itu tercipta dari api neraka, kukunya terbuat dari besi, dan setiap kuku panjangnya seperti ukuran perjalanan satu hari

Ular itu akan berkata kepadanya : “Aku ini Syuja’al-Aqro’, suaranya bagaikan petir yang menyambar, dan ular itu berkata: “Tuhanku menyuruhku agar memukulmu karena telah menyia-nyiakan sholat shubuh dari shubuh sampai dzuhur, dan agar memukulmu karena telah menyia-nyiakan sholat dzuhur dari dzuhur sampai asar, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat asar dari asar sampai magrib, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat magrib dari magrib sampai isya, dan agar memukulmu karena menyia-nyiakan sholat isya dari isya sampai shubuh. Ketika ular itu memukulnya satu kali pukulan, maka yang dipukulnya masuk kedalam tanah sedalam ukuran 70 hasta, lalu ular Syuja’al-Aqro’ memasukkan kuku-kukunya kebawah tanah dan kemudian mengeluarkannya kembali, dan siksaan itu tiada henti-hentinya sampai hari kiamat, maka kita mohon perlindungan kepada Allah dari siksa kubur.” (Qurtubi (Qurratul ‘uyun; hlm.4)).

3 Macam Siksaan Pada Hari Kiamat bagi orang yang meninggalkan sholat yaitu:

1. Allah akan menggabungkan bersama orang-orang yang diseret mukanya ke neraka Jahannam;

2. Allah akan melihatnya dengan pandangan yang benci atau murka pada waktu dihisab, sehingga daging mukanya meleleh berjatuhan;

3. Allah akan menghisabnya dengan hisaban yang sangat berat dan tiada guna atasnya dari kelebihan apapun untuk selama-lamanya, dan Allah memerintahkannya ke neraka sejelek-jelek tempat menetap.

Tim Rembulan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya