Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Ini Daftar Klub Liga Inggris yang Gelar Acara Buka Bersama di Stadion Kandang

Sudah bukan rahasia bahwa Premier League memang terbuka terhadap tradisi menjalankan ibada puasa bagi umat Muslim. Sejumlah klub Liga Inggris bahkan membuka markas kesayangannya untuk menjadi lokasi buka bersama. Berikut daftar klub Liga Inggris yang menggelar buka bersama pada bulan suci Ramadan tahun ini.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 16 Apr 2023, 13:30 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2023, 13:30 WIB
Chelsea
Chelsea dan sejumlah klub Liga Inggris membuka markasnya untuk menjadi lokasi buka puasa bersama di bulan suci Ramadan tahun ini. (twitter)

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan tinggal tersisa kurang lebih sepekan. Setelahnya, umat Muslim bakal merayakan hari raya Idul Fitri yang jatuh pada 21/22 April mendatang.

Berbagai hal menarik telah mewarnai jalannya bulan Ramadan tahun ini, tak terkecuali di kancah olahraga sepak bola. 

Liga Inggris menjadi sorotan berkat komitmennya mempromosikan inklusivitas dengan menyediakan jeda khusus berbuka puasa bagi para pemain Muslim di pertandingan malam. 

Langkah ini tak pelak mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak. Pemain Chelsea Kalidou Koulibaly yang turut merasakan pengalaman berbuka di tengah laga pun mengapresiasi sikap otoritas Liga Inggris

“Ketika Anda datang ke sini dan melihat bahwa mereka (ofisial Liga Inggris) mau menghentikan permainan bagi umat Islam untuk mengisi kembali bahan bakar (berbuka puasa), minum, serta beristirahat sejenak, itu luar biasa,” ujarnya kepada BBC Sport beberapa waktu lalu. 

“(Pengalaman) itu tidak pernah terjadi pada saya (sebelumnya). Oleh karena itu, saya merasa takjub,” sambung dia, seperti dikutip dari Daily Mail.

Sudah bukan rahasia bahwa Premier League memang terbuka terhadap tradisi menjalankan ibadah puasa bagi umat Muslim. 

Sejumlah klub Liga Inggris bahkan membuka markas kesayangannya untuk menjadi lokasi buka bersama. Berikut daftar klub Liga Inggris yang mengukir sejarah dengan menggelar buka bersama pada bulan suci Ramadan tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Chelsea

Foto: Reaksi Frank Lampard Setelah Chelsea Dipermalukan Brighton and Hove Albion di Liga Inggris
Suporter membentangkan spanduk sambutan untuk Frank Lampard saat melawan Brighton and Hove Albion pada pekan ke-31 Premier League 2022/2023, Sabtu (15/4/2023). Frank Lampard menjalani laga kandang pertamanya pasca-pelantikan kembali sebagai pelatih Chelsea. Momen comeback sang legenda ke Stamford Bridge berakhir pahit saat menjamu Brighton & Hove Albion. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Chelsea menjadi salah satu klub yang memeriahkan bulan suci Ramadan di Liga Inggris. Klub berjuluk The Blues itu membuka markasnya untuk menggelar bukber pada Minggu (26/3/2023) silam. 

Sejumlah jemaah masjid lokal dan anggota komunitas muslim Chelsea turut diundang untuk menghadiri buka bersama. Para suporter dan siswa sekolah juga diajak memeriahkan kegiatan tersebut.

Sebagai informasi, bukber di Stamford Bridge merupakan hasil kerja sama Chelsea dengan Ramadan Tent Project—badan amal yang didirikan pada 2013 dan memiliki misi menyatukan komunitas serta mengembangkan pemahaman tentang Ramadan.

Acara itu juga disambut positif oleh pihak klub bersama Chelsea Foundation lantaran menjadi sarana bagi mereka untuk menggaungkan kampanye "No To Hate" dalam rangka mendorong kesetaraan, keragaman, dan inklusivitas. 


Aston Villa

Aston Villa
Aston Villa menggelar buka puasa bersama dengan komunitas Muslim Inggris di Villa Park pada Kamis (6/4/2023). (dok. Aston Villa).

Aston Villa menjadi tim Liga Inggris selamjutnya yang mengikuti jejak Chelsea. Klub besutan Unai Emery itu menggelar buka bersama perdananya di Villa Park pada Rabu (5/4/2024) waktu setempat. 

Dilansir dari AA.com, ratusan orang berkumpul di markas Aston Villa untuk menyemarakkan acara buka puasa bersama yang diaelenggarakan berkat kerja sama dengan Ramadan Tent Project itu. 

Adzan pun dikumandangkan melalui sistem PA Villa Park sebelum umat Muslim berbuka bersama. Acara ini pun mendapat respons hangat dari CEO Aston Villa Christian Purslow. 

"Ini merupakan suatu kegembiraan buat kami untuk membuka pintu (markas kami) dan mengizinkan Anda sekalian berbuka puasa di Aston Villa," tuturnya seperti dikutip sari AA.com.


Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur menjadi klub Liga Premier teranyar yang menggelar acara buka puasa bersama di markasnya pada bulan suci Ramadan. 

Acara tersebut diselenggarakan oleh Spurs REACH, dengan menghadirkan berbagai pemain terkenal, mulai dari Arnaut Danjuma hingga Ledley King, serta ratusan anggota Spurs REACH. 

Dalam acara tersebut, Danjuma dan King juga kompak menyoroti pentingnya menyediakan lingkungan sepak bola yang inklusif untuk mendukung pemain dari semua agama. 

Penggawa pinjaman Villarreal juga menekankan pentingnya Ramadan bagi l komunitas Muslim, serta bagaimana agama menjadi landasan krusial dalam hidupnya.

Adapun selain ketiga klub di atas, terdapat setidaknya dua tim Inggris yang menggelar buka bersama di markasnya. Mereka adalah Brighton & Hove Albion serta klub Championship Queen's Park Rangers.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya