Apakah Berbuat Maksiat Termasuk Takdir Allah? Ini Jawaban Gus Baha

Dalam ceramahnya itu, Gus Baha mendapat pertanyaan dari seorang jemaah. Apakah melakukan maksiat itu termasuk takdir dari Allah? Simak jawabannya.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 01 Sep 2024, 13:30 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 13:30 WIB
KH. Ahmad Bahauddin (Gus Baha)
KH. Ahmad Bahauddin / Gus Baha (Instagram)

Liputan6.com, Jakarta - Qada adalah ketentuan dari Allah untuk makhluk-Nya yang sudah ditetapkan dari zaman azali. Sedangkan qadar adalah kepastian atau ukuran yang telah ditetapkan untuk setiap makhluk-Nya.

Percaya pada qada dan qadar merupakan rukun iman yang keenam. Artinya, seorang mukmin wajib meyakini dan mengimani bahwa baik buruknya takdir manusia telah ditetapkan oleh Yang Maha Kuasa.

Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman:

وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَهُ تَقْدِيرًا

Artinya: "…Dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya." [Q.S. Al-Furqan: 25]

Terkait dengan takdir baik dan buruk manusia, Nabi Muhammad SAW pernah ditanya oleh Malaikat Jibril. Dengan penuh keyakinan, Rasulullah SAW menjawab:

“Engkau beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari akhir serta qadha dan qadar, yang baik maupun yang buruk.” [HR. Muslim].

Ulama kharismatik KH Ahmad Bahaudin Nursalim alias Gus Baha pernah membahas tentang qada dan qadar. Simak penjelasannya yang dinukil dari YouTube Agus Mujib.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Kufur jika Tidak Percaya Qada dan Qadar

Gus Baha (SS: YT Short @khairazzaadittaqwa)
Gus Baha (SS: YT Short @khairazzaadittaqwa)

Gus Baha menjelaskan, jika ada orang yang tidak percaya kepada takdir Allah, maka dia telah kufur.

"Siapa yang tidak meyakini 'khoirihi wasyarrihi minallah' (takdir baik dan takdir buruk itu dari Allah) maka dia kufur, karena seakan akan di kerajaan-Nya terjadi sesuatu di luar kehendak," jelas Gus Baha, dikutip Sabtu (31/8/2024).

Dalam ceramahnya itu, Gus Baha mendapat pertanyaan dari seorang jemaah. Apakah melakukan maksiat itu termasuk takdir dari Allah?

"Pertanyaan ini ngawur betul, karena masalah qada qadar itu kan sudah dibicarakan ulama di kitab-kitab, kita mengikuti (ulama) ahlul hakikat, (yang mengatakan) kalau qada qadar sudah dibicarakan, kamu harus diam di situ," tutur Gus Baha.

Artinya, cukup yakini saja, jangan dipertanyakan lagi. Lalu bagaimana dengan orang yang melakukan maksiat dan berkeyakinan bahwa itu termasuk takdir dari Allah?

"Orang yang menimpakan dosanya (bahwa dia bermaksiat) karena Allah, maka dia lacut betul," ujar Gus Baha.


Dibutuhkan Kesalehan

Gus Baha 1
KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. (SS TikTok)

Menurut Gus Baha, untuk mempertanyakan tentang qada dan qadar dibutuhkan kesalehan. Gus Baha mengutip Firman Allah SWT:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ يَهْدِيْهِمْ رَبُّهُمْ بِاِيْمَانِهِمْۚ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, niscaya mereka diberi petunjuk oleh Tuhan karena keimanannya..." [Q.S Yunus: 9]

"Untuk menakoni qada qadar dibutuhkan kesalehan, kalau tidak (saleh), kriminal betul," kata Gus Baha.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya