Sumbawa: Pulau Agraris dan Surga Para Peselancar

Pulau Sumbawa jadi incaran bagi para wisatawan lokal dan asing (Foto: http://jasonwolcottphotography.com)

oleh Liputan6 diperbarui 07 Sep 2015, 00:05 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2015, 00:05 WIB
Sumbawa: Pulau Agraris dan Surga Para Peselancar
Pulau Sumbawa jadi incaran bagi para wisatawan lokal dan asing (Foto: http://jasonwolcottphotography.com)

Liputan6.com, Jakarta Jika keadaan geografis Pulau Lombok memiliki banyak kemiripan dengan Pulau Jawa dan Bali, Sumbawa cenderung mirip dengan Pulau Komodo dan Flores. Cuacanya lebih kering dan panas.

Daratan didominasi oleh padang savanna dengan kontur daratan berupa gunung-gunung. Gunung-gunungnya ditumbuhi oleh pepohonan kerdil dengan daun yang cenderung kecil juga bebatuan yang menyembul dari dalam tanah.

Di musim kemarau, sejauh mata memandang akan tersaji warna coklat yang eksotis ala Afrika. Disebut sebagai Pulau Agraris karena sebagian besar masyarakat Sumbawa bertani. Masyarakatnya memang menggantungkan hidup dengan bertani. Padi, jagung, bawang merah, dan kedelai merupakan hasil pertaniannya.

Masyarakat Sumbawa beberapa tahun belakangan ini sudah mulai bertanam tebu dan singkong, bahkan pabrik gula dan tepung tapiokan sudah mulai dibangun.

Bukan hanya wilayahnya yang terkenal agraris, Pulau Sumbawa juga jadi pulau bagi para pecinta selancar. Maka Pulau Sumbawa juga dijuluki sebagai pulau surga bagi para peselancar.

Baik di mata peselancar lokal maupun manca negara, Pulau Sumbawa sudah menjadi magnet bagi para penyuka selancar. Magnet tersebut terletak di ujung barat dan bagian timur pulau yaitu di Kabupaten Sumbawa Barat (Pantai Maluk, Tropical, Ratung dll) dan di Kabupaten Dompu (Pantai Lakey). Pantai Maluk dan Lakey menjadi yang paling terkenal, dikunjungi, dan dikelola dengan baik.

Bagi Anda yang tidak suka berselancar, Anda tetap bisa menikmati pemandangan alam di pantai-pantai tersebut.Sumbawa masih punya pantai-pantai indah lainnya yang berombak lebih tenang, tersebar di penjuru pulau. Yuk, jelajahi Pulau Sumbawa! Saat ini sedang berlangsung Bulan Budaya Lombok-Sumbawa.

Ikuti kuis #KultwitLip6 Berhadiah 2 Tiket Liburan ke Lombok, selengkapnya di sini.

(Adv)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya