Mandi di Malam Hari Bantu Tidur Lebih Nyenyak, Benarkah?

Tahukah Anda bahwa mandi di malam hari bisa membuat tidur lebih nyenyak? Simak di sini penjelasannya.

oleh Annissa Wulan diperbarui 13 Mar 2018, 21:45 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2018, 21:45 WIB
Tidur Nyenyak Tidur Pulas
Ilustrasi Foto Tidur (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Mandi di pagi hari tentu dapat membangunkan Anda dari malam yang panjang, sekaligus meningkatkan kreativitas dalam bekerja sepanjang hari. Namun, benarkah bahwa mandi di malam hari dapat membuat tidur lebih nyenyak?

Trik utamanya adalah tepat waktu dan tidak terlambat. Dilansir dari instyle.com, Selasa (13/3/2018), suhu tubuh berperan penting dalam mengatur ritme sirkadian, memberitahu tubuh kapan harus merasa ngantuk dan tidur atau terjaga.

Di siang hari, suhu tubuh alami akan naik sampai dengan sore hari. Pendinginan ini adalah sinyal untuk waktu tidur, mengganggu proses ini akan membuat Anda lebih sulit tidur.


Mandi malam bisa buat tidur Anda lebih nyenyak

Tidur
Ilustrasi tidur (iStockphoto/g-stockstudio)

Mandi lebih awal di malam hari akan memberi tubuh kesempatan untuk pendinginan dan memicu tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghangatkan tubuh dengan mandi bisa membantu menginduksi tidur, jika Anda memiliki cukup waktu untuk pendinginan sesudahnya.

Sebagian besar penelitian menyatakan bahwa mandi selama 20 menit akan memberi Anda manfaat yang sama. Beri waktu selama sekitar satu setengah jam setelah mandi, sebelum akhirnya Anda berbaring di tempat tidur, memberi tubuh waktu yang cukup untuk bersiap tidur.


Mandi malam bisa buat tidur Anda lebih nyenyak

Tidur
Ilustrasi tidur sambil mendengarkan musik (iStockphoto/g-stockstudio)

Selain itu, ritual pembersihan sebelum tidur akan membantu mengurangi jerawat, mencegah keriput, dan membuat berbagai produk perawatan kecantikan Anda bekerja lebih efektif. Jadi, apakah Anda selalu mandi sebelum tidur di malam hari?

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya