Masjid Rancangan Ridwan Kamil untuk Warga Gaza Disebut Mirip Desain PS 5

Tiga struktur bangunan vertikal dalam desain masjid rancangan Ridwan Kamil ini jadi fitur yang membuatnya disebut mirip PS 5.

oleh Asnida Riani diperbarui 16 Apr 2021, 08:21 WIB
Diterbitkan 15 Apr 2021, 21:03 WIB
Desain Masjid
Masjid rancangan Ridwan Kamil untuk warga Gaza, Palestina dibandingkan dengan desain PlayStation 5. (dok. Twitter @ridwankamil/laman Hitekno)

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2017, Ridwan Kamil ditawari sebuah organisasi kemanusiaaan untuk merancang masjid setelah puluhan bangunan rumah ibadah di Gaza hancur selama konflik bersenjata antara Palestina dengan Israel pada 2014.

Kang Emil, sapaan akrabnya, yang berkarier sebagai arsitek sebelum terjun ke dunia politik bukanlah figur yang asing pada "tugas" mendesain masjid. Ia pun setuju mengambil proyek yang dibiayai masyarakat Indonesia melalui pengumpulan dana dari berbagai pihak tersebut.

Gubernur Jawa Barat itu mempresentasikan empat desain masjid terpisah pada masyarakat Gaza. Mereka akhirnya memilih desain futuristik yang tidak menampilkan kubah, fitur umum pada sebagian besar masjid.

Berdasarkan laporan kanal Regional Liputan6.com, peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Masjid Syeikh Ajlin dilakukan secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, pekan lalu.

Ketika desain akhir masjid diungkap ke publik di momen tersebut, warganet justru menganggapnya mirip dengan konsol gim. Dalam kasus ini, rancangan masjid tersebut dinilai mirip desain gim konsol generasi berikutnya dari Sony Interactive Entertainment, PlayStation (PS) 5.

Yang ditunjuk sebagai penguat kemiripan pada desain PS 5 adalah tiga struktur bangunan yang berdampingan secara vertikal. "PrayStation," tulis salah satu pengguna Twitter mengomentasi desain masjid rancangan Ridwan Kamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Makna Desain Masjid

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengisi SPT tahunan di Gedung Pakuan Bandung, Senin (1/3/2021). (Foto: Humas Jabar)

Padahal, dalam keterangannya, Ridwan Kamil menjelaskan masjid yang dirancangnya merupakan simbol kemajuan berdasar pada keinginan masyarakat Gaza dan penggagas. Kang Emil kemudian merefleksikan nilai-nilai Islam ke dalam geometri yang terdiri dari tiga titik.

Struktur tertinggi di tengah, yaitu habluminallah. Sementara, di kiri dan kanan ada hablumminannas dan hablumminalalam. Maknanya, yakni kehidupan manusia harus seimbang dalam hubungan pada Allah, manusia, dan alam.

"Masyarakat Indonesia selalu mencintai Palestina. Kita akan selalu berada di belakang mereka. Saya menggunakan imajinasi untuk mendesain masjid ini agar kita bisa mengembalikan kebanggaan Palestina," katanya.


Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya