Viral Cara Membuat Kue Pocong, Warganet Merinding Karena Mirip Aslinya

Tak sekadar mirip, Sarah membuat kue pocong buatannya terlihat sangat realistis.

oleh Henry diperbarui 02 Nov 2021, 21:12 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2021, 21:01 WIB
Wanita Bagikan Cara Membuat Kue Pocong, Warganet Merinding Karena Mirip Aslinya
Wanita Bagikan Cara Membuat Kue Pocong, Warganet Merinding Karena Mirip Aslinya. foto: TikTok @sarakapril

Liputan6.com, Jakarta - Suasana seram kerap dibangun saat perayaan Halloween. Tak hanya kostum, makanan yang dibuat pun sering kali bernuansa menyeramkan. Namun apa jadinya jika ada kue pocong yang penampakannya nyaris mirip aslinya?

Belum lama ini, seorang wanita membuat kue dengan bentuk hantu Indonesia yang menyeramkan, yaitu pocong. Ia membagikan penampakan kue tersebut melalui akun TikTok @sarakapril.

"Kue kuburan pocong," tulisnya dalam keterangan video.  Dalam unggahan itu, wanita bernama Sarah ini bukan hanya menunjukkan kue unik itu, tapi juga cara pembuatannya.

Ia menyebutkan bahwa pocong di kue tersebut dibuat dari ginger bread cookies atau kue jahe. Ia mencampurkan bahan-bahan ke dalam wadah seperti gula, margarin, telur, tepung cokelat dan lainnya.  Adonan yang sudah jadi itu kemudian dibentuk menyerupai jenazah di dalam kain kafan.

Agar bentuknya kokoh, Sarah juga menusukkan tusuk sate ke adonan yang sudah dibentuk itu. Adonan tersebut kemudian dibungkus dengan kain kafan yang terbuat dari fondant.

Agar lebih mirip, wanita ini juga menambahkan sejumlah detail pada kain kafan kue pocong tersebut. Tak sekadar mirip, Sarah membuat kuenya terlihat lebih realistis.

Ia mengoleskan cokelat bubuk di atas fondant untuk memberikan kesan kotor karena tanah. Selanjutnya, Sarah menyiapkan alas kue yang dilapisi buttercream.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Buat Ultah Mantan

Wanita Bagikan Cara Membuat Kue Pocong, Warganet Merinding Karena Mirip Aslinya
Wanita Bagikan Cara Membuat Kue Pocong, Warganet Merinding Karena Mirip Aslinya. foto: TikTok @sarakapril

Alas kue itu juga diberikankue spons, dilapisi kembali dengan buttercream dan ditaburi remahan biskuit. Kue pocong itu kemudian diletakkan di atas alas yang dibentuk seperti kuburan.

Sebagai sentuhan akhir, Sarah juga menambahkan kelopak bunga yang terbuat dari fondant serta nisan sebagai pemanis. Video kue pocong ini menarik banyak perhatian dan sempat viral. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

Ada yang mengaku merinding dan takut memakannya karena mirip dengan aslinya. "Ngeri ya pas makan kuenya malem-malem," komentar seorang warganet. Komentar itu langsung dibalas oleh Sarah. "Aku bikinnya tengah malem," tulisnya.

"Keren, cocok nih dikirim buat ulang tahun mantan," timpal warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, video tersebut sudah dilihat lebih dari 4,5 juta kali dan disukai lebih dari 516 ribu kali. 


Kue Bubur Ayam

Wanita Bagikan Cara Membuat Kue Pocong, Warganet Merinding Karena Mirip Aslinya
Bubur Ayam Cake atau Kue Bubur Ayam. foto: TikTok @sarakapril

Dilihat dari akun media sosial miliknya, Sarah dikenal sebagai seorang food artist yang suka beragam kreasi makanan unik. Jadi para pengikutnya mungkin tak terlalu heran kalau ia membuat kue pocong.

Ia ternyata pernah mengikuti program memasak Masterchef Indonesia beberapa tahun lalu. Dia terbilang cukup aktif mengunggah konten karya seni kuenya dalam bermacam bentuk makanan.

Video lainnya yang pernah viral adalah saat membuat bubur ayam cake atau kue bubur ayam yang disajikan dalam bungkus styrofoam. Dalam videonya, Sarah menjelaskan bahan dan waktu yang dibutuhkan dalam membuat bubur ayam cake itu. Sarah menjelaskan untuk buburnya ia memakai puding santan yang dihancurkan dengan hand blender.

Agar hasilnya terkesan realistis, ia menambahkan efek mengkilap yaitu dengan gelatin dan corn syrup. Tampak seperti asli, sambalnya terbuat dari jelly dan selai stroberi. "Jadi tuh pengerjaan untuk membuat kue bubur ini, makan waktu aku 3 hari. Dan tiap harinya aku kerjain sekitar 6 jam karena mencoba berbagai bahan sampai ketemu yang dianggap paling pas," jelas Sarah dalam videonya.

Warganet banyak yang takjub melihat hasilnya. Ada yang apakah styrofoam tersebut bisa dimakan. Menurut Sarah, styrofoam itu bisa dimakan karena terbuat dari fondant yang dicetak menyerupai styrofoam.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!


Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya