Gempa di Bayah Lebak Banten, Bagaimana Kondisi Objek Wisatanya?

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin mengatakan dua kecamatan di Lebak, Banten dinyatakan aman.

oleh Komarudin diperbarui 04 Feb 2022, 19:24 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2022, 19:15 WIB
Gempa Indonesia
Ilustrasi gempa

Liputan6.com, Jakarta - Gempa magnitudo 5,5 mengguncang perairan di barat daya Bayah, Lebak, Banten. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Saya belum dapat update informasi dari Bayah. Sementara dua kecamatan yang lain yang berada di Lebak, Cibeber dan Wanasari, kondisi aman," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (4/2/2022).

Imam berkata, Bayah termasuk dalam Kabupaten Lebak. Di sana banyak lokasi wisata, seperti Sawarna, Bagedur, dan lain-lain.

"Pantai itu satu hamparan, termasuk juga yang di Malingping. Ya, semoga masyarakat di sana aman," harap Imam.

Diberitakan kanal News Liputan6.com, gempa itu terjadi pukul 17.10 WIB tepatnya di 7.48 LS 105.92 BT, atau di 71 km barat daya Bayah, Banten.

"71 km tenggara Muara Binuangeun, Banten, 88 km BaratDaya KAB-SUKABUMI-JABAR, 154 km BaratDaya SERANG-BANTEN, 176 km BaratDaya JAKARTA-INDONESIA," info BMKG.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bayah di Mana?

Gempa Indonesia
Ilustrasi Gempa

Sebagaimana telah disinggung, Bayah termasuk dalam kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten. Bayah terletak sekira 111 km berkendara dari pusat kota Lebak.

Pusat pemerintahan Kecamatan Bayah berada di Desa Bayah Barat. Bayah dikenal dengan penambangan batu bara.

Selain itu, Bayah juga dikenal sebagai destinasi pariwisata yang sangat terkenal di Lebak. "Di sana terdapat pantai Bayah, Pulomanuk, Sawarna, Karang Taraje, dan banyak yang lainnya," imbuh Imam.

 


Pantai Bagedur

Libur Lebaran, Wisatawan Menyemut di Pantai Bagedur Banten
Libur Lebaran, Wisatawan Menyemut di Pantai Bagedur Banten 9Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Pantai ini terletak di Desa Sukamanah, Malingping, Kabupaten Lebak. Pantai ini tak kalah dengan Sawarna. Untuk mencapai pantai ini, ada beberapa rute yang biasa dilalui. Destinasi wisata alam ini termasuk yang sempat ditutup untuk menghindari Covid-19.

Pantai Sawarna

Desa Sawarna memiliki banyak destinasi pantai, salah satunya Pantai Sawarna. Pantai ini memiliki berbagai jenis wisata, seperti indah, gua-gua yang cantik dan alam yang masih asri.

Sawarna juga memiliki pantai lain, seperti Pantai Tanjung Layar, Pantai Ciantir, Pantai Karang Taraje, dan Pantai Legon Pari. Di Sawarna terdapat makam tua seorang berkebangsaan Belanda, Jean Louis van Gogh, sepupu Vincent van Gogh, pelukis Belanda.


INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir

INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya