Mendorong Kesadaran Masyarakat Berolahraga Lewat Indonesia Fitness Summit

Acara ini turut direkomendasikan oleh Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI sebagai acara resmi di bawah naungan mereka.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Nov 2022, 22:14 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2022, 07:17 WIB
Mendorong Kesadaran Masyarakat Berolahraga Lewat Indonesia Fitness Summit
Mendorong Kesadaran Masyarakat Berolahraga Lewat Indonesia Fitness Summit.  foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bentuk dukungan nyata terhadap kampanye Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) yaitu menuju Indonesia Bugar 2045, Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) kembali mengadakan Indonesia Fitness Summit (IFS) pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022.

Acara yang mengambil lokasi di ballroom Soehanna Hall - The Energy Building SCBD Jakarta Selatan ini merupakan kegiatan tahunan APKI di mana para pelatih, pengusaha, praktisi di bidang kebugaran sampai dengan penggiat gaya hidup sehat dari seluruh Indonesia berkumpul untuk dapat saling mengenal satu sama lain, berbagi ilmu, wawasan dan pengalaman mereka.

Menurut Ketua Umum APKI Jansen Ongko dalam konferensi pers yang diselenggarakan sebagai pembuka acara, berbeda dengan iFS terakhir yang diselenggarakan pada 2019, kali ini tentunya lebih meriah karena jumlah narasumber dan pesertanya semakin banyak.

“Kami pun sangat bangga bahwa acara ini turut direkomendasikan oleh Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI sebagai acara resmi di bawah naungan mereka," ucap Jansen.

Ia menambahkan, tujuan awal dari acara ini memang sejalan dengan misi dibentuknya APKI yaitu memberi dampak positif kepada industri kebugaran melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia maupun dukungan kepada pihak yang terlibat secara tidak langsung di dalam industrinya.

"Kami berharap dengan adanya acara rutin seperti IFS ini kesejahteraan pelatih kebugaran dan para stakeholder semakin terjamin. Dengan begitu mereka akan semakin bersemangat dalam membugarkan masyarakat," tambahnya.

Berdasarkan hasil laporan Sport Development Index (SDI) yang dilakukan oleh Kemenpora RI pada tahun 2021 terhadap 20.010 responden, 5,864 masyarakat dikategorikan sangat bugar, 18,144 bugar dan sisanya sebesar 764 termasuk dalam kategori tidak bugar.


Indonesia Bugar 2045

Mendorong Kesadaran Masyarakat Berolahraga Lewat Indonesia Fitness Summit
Mendorong Kesadaran Masyarakat Berolahraga Lewat Indonesia Fitness Summit. foto: istimewa

Mungkin masih belum banyak yang menyadari bahwa kasus obesitas di Indonesia terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Bahkan obesitas kini menjadi endemi global. Saya pernah membaca berita bahwa baru-baru ini Kementerian Kesehatan menyatakan 1 dari 3 orang dewasa dan 1 dari 5 anak mengalami obesitas.

Bila tidak ada intervensi, maka masa depan masyarakat Indonesia sangatlah mengkhawatirkan. Oleh karena itu APKI akan terus berusaha membantu pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Bugar 2045," tutupnya.

Narasumber Indonesia Fitness Summit kali ini memiliki latar belakang yang sangat beragam dan didominasi oleh perempuan yakni Adelia Anastasia, Anjani Sekar Sari, Adianti Reksoprodjo, Dina Carol, Melita Mutia, Putri Nabilla Azwar, Sakrimurti Lauder, Tri Janita, Verawaty Budiyanto.

Kemudian narasumber laki-laki yakni Angga Prananda Bakti, Anton Hermawan, Etno Setyagraha, Jansen Ongko, Teuku Aufra Maretto, dan Yunas Samuel Purnomo. Masing-masingnya memiliki besar kontribusi yang berbeda-beda namun sama pentingnya terhadap kemajuan industri kebugaran di Indonesia.

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya