Tempat Wisata di Sentul Sajikan Aneka Kuliner, Wisata Alam, Permainan sampai Berkemah

KM Zero Sentul merupakan destinasi wisata alam yang lengkap mulai dari camping hingga gathering. Waktu tempuhnya sekitar 1.5 jam dari Jakarta, dan sekitar 25 menit dari Exit Toll Sentul Selatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Jul 2023, 15:53 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2023, 15:17 WIB
Tempat Wisata di Sentul Sajikan Aneka Kuliner, Wisata Alam, Permainan sampai Berkemah
Tempat Wisata di Sentul Sajikan Aneka Kuliner, Wisata Alam, Permainan sampai Berkemah.  foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Tempat wisata dan kuliner bernuansa alam belakangan ini makin digemari. Salah satu tempat yang bisa jadi rekomendasi adalah KM Zero Sentul, berlokasi di Bojong Koneng, Babakan Madang - Sentul (Kabupaten Bogor). Tempat ini merupakan destinasi wisata alam yang lengkap mulai dari camping hingga gathering. Waktu tempuhnya sekitar 1.5 jam dari Jakarta, dan sekitar 25 menit dari Exit Toll Sentul Selatan.

Berbagai kegiatan outdoor tersedia di sana seperti Paintball (Shoot Target & War Game), Archery, Team Building, Fun Outbound, Fun Games. KM Zero Sentul juga memiliki Berbagai kegiatan alam lain yang dapat dilakukan di area luar KM Zero Sentul seperti tracking, offroad adventure & rafting dengan tim handal yang siap melayani.

Untuk tamu rombongan/grup dapat diakses oleh large bus berkapasitas sampai dengan seat 58. Bus juga dapat parkir langsung di depan gerbang KM Zero Sentul. Tak hanya camping dan gathering, KM Zero Sentul kini dikenal dengan fasilitas resto alamnya yang baru beroperasi sejak 2020. Resto Alam yang dikenal dengan nama Resto Alam Gaya Rimba dengan konsep rumah pohon dan suasana rimba yang asri.

Resto Gaya Rimba menghidangkan aneka menu tradisional khas nusantara, Resto ini juga memiliki saung jampi yaitu saung jamu dan kopi dimana pengunjung bisa menikmati sajian kopi dan minuman herbal yang diracik istimewa oleh herbarista rimba. Salah satu minuman favorit adalah Ginger Chai ; racikan istimewa berbahan dasar jahe hangat dengan gula aren.

Konsep Rumah Pohon terlihat dari saung-saung yang dibangun dengan aksen kayu & rumbia yang estetik. Pengunjung dapat memilih duduk saung lesehan ataupun di saung dengan bangku. Mata pengunjung juga dimanjakan dengan Pemandangan perbukitan sentul dan Gunung Pancar yang indah.

Menurut Arnoldy Salim selaku owner, selain keunikan dari konsepnya Resto Alam Gaya Rimba juga memiliki konsep kekeluargaan yang mana seluruh tamu diberi nama sebutan Sadulur Rimba (Keluarga Rimba), dan para karyawan disebut (Wargi KM Zero Sentul).

Menu-menu yang disajikan juga memberikan kesan kekeluargaan dimana setiap menu memiliki 'cerita' nya sendiri. Seperti salah satu menu otentik Gaya Rimba ini ; menu Botram Bi Otih yang merupakan nasi liwet yang dimasak oleh salah satu Wargi Senior KM Zero Sentul (Bi Otih) dilengkapi dengan ayam goreng, ikan asin, bakwan jagung, lalapan dan sambal berikut teh tawar panas. Menu ini dapat dinikmati untuk satu keluarga (4 orang ) dengan harga Rp200 ribu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aneka Menu Makanan dan Minuman

Tempat Wisata di Sentul Sajikan Aneka Kuliner, Wisata Alam, Permainan sampai Berkemah
Tempat Wisata di Sentul Sajikan Aneka Kuliner, Wisata Alam, Permainan sampai Berkemah.  foto: istimewa

Selain Botram Bi Otih, Resto Alam Gaya Rimba juga memiliki menu keluarga andalan lainnya yang dapat dinikmati berempat seperti Nasi Ngariung (Nasi Serundeng dengan Ikan Asin disajikan dengan Ayam Bakar Bakakak, Lalapan, Sambal dan Teh Tawar),

Ada pula Nasi Babakaran (Nasi Timbel, Ayam Bakar, Sate Ayam, Lalapan, Sambal dan Teh Tawar), Cucurak Pepes Hayam (Nasi Liwet, Pepes Ayam, Bakwan Jagung, Lalapan, Sambal, Teh Tawar) dan masih banyak lagi. Tak hanya menu Sunda beberapa menu dari daerah lain juga disajikan disini seperti Sop Buntut Bu'e, Karedok, Urap Sayur, Aneka Gurame dan Rawon Kesukaan Bapak.

Berbagai menu minuman dan camilan lainnya juga tidak kalah menarik, ada Jus Rimba yang menjadi salah satu primadona yang patut dicoba (Berisi Pakcoy, Apel Hijau, Jeruk Nipis & Madu). Dawet, Cincau dan Kelapa Muda juga tersedia disini.

Yang menggugah selera, sadulur rimba dapat melihat langsung proses pembuatan cemilan-cemilan seperti Surabi yang dimasak langsung diatas tungku arang, Otak-Otak Ikan, Kue Pancong, Ketan Duren dan banyak lagi. Pengunjung juga bisa memilih, mencoba, dan menikmati langsung durian lokal siap santap di sana.

 


Live Music dan Berbagai Perayaan

Tempat Wisata di Sentul Sajikan Aneka Kuliner, Wisata Alam, Permainan sampai Berkemah
Tempat Wisata di Sentul Sajikan Aneka Kuliner, Wisata Alam, Permainan sampai Berkemah.  foto: istimewa

Live music setiap hari di Resto Alam Gaya Rimba juga termasuki salah satu daya tarik bagi pengunjung. dan dapat menjadi pilihan tempat bagi tamu untuk merayakan berbagai momen. seperti ulang tahun, arisan, reuni, hingga perpisahan/farewell party.

Resto Alam Gaya Rimba/KM Zero Sentul juga ramah anak (Kids Friendly) dengan fasilitas-fasilitas yang disiapkan untuk anak seperti tersedianya baby chair, playground, arena bermain pasir, dan tersedia wahana berkuda untuk anak setiap akhir pekan.

Saat anak sedang asyik bermain, orangtua juga dapat menikmati fasilitas lain yang tersedia seperti Pijat Relaksasi di Saung Abah dan Terapi Ikan.

Camping di KM Zero Sentul juga seru, Sadulur Rimba tidak perlu direpotkan membawa peralatan untuk berkemah karena semua sudah disiapkan. Seperti Tenda Dome dengan matras, bed busa, bantal dan selimut dengan kapasitas untuk 4 orang. Camping di KM Zero Sentul dibandrol Rp500 ribu per tenda per malam termasuk sarapan nasi goreng untuk berempat. Pada malam hari, Sadulur Rimba dapat menambah barbekyu ataupun shabu-shabu hingga api unggun untuk menambah keseruan camping.

 

Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi
Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya