Dampingi Jokowi di KTT ASEAN 2023, Iriana Tampil Anggun Berkebaya Encim Motif Bunga

Ibu Negara Iriana Jokowi setia mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat KTT ASEAN 2023. Perhelatan akbar tingkat regional ini dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada 5--7 September 2023.

oleh Putu Elmira diperbarui 06 Sep 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2023, 15:00 WIB
Jokowi dan Iriana Sambut Pemimpin Negara di KTT ASEAN
Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi (kedua kanan) dan Ibu Negara Iriana (kanan) menyambut Perdana Menteri Kamboja Hun Manet (kedua kiri) istrinya Louk Choumteav (kiri) setibanya mereka pada acara KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Indonesia, Selasa (5/9/2023). (Adek Berry/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Jokowi setia mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat KTT ASEAN 2023. Perhelatan akbar tingkat regional ini dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5--7 September 2023.

Berdasakan siaran pers Tim Komunikasi dan Media KTT ke-43 ASEAN 2023, pada kesempatan itu, Iriana turut hadir menyambut kedatangan para kepala negara dan kepala pemerintahan KTT ASEAN. Ibu tiga anak ini tampil anggun berbalut kebaya encim warna biru bermotif bunga-bunga bersulam benang emas dan biru.

Atasan kebaya yang dikenakannya dipadukan dengan kain batik biru muda bermotif senada. Penampilan Iriana turut dilengkapi dengan selendang biru polos.

Busana sejenis sempat dikenakan Iriana ketika menghadiri acara Istana Berkebaya di halaman Istana Merdeka Jakarta pada 6 Agustus 2023 lalu. Kebaya encim yang dikenakan bermotif bunga-bunga dan kain batik bertema senada, bedanya hanya pada warnanya.

Saat itu, ia mengenakan kebaya encim, kain batik, dan selendang serba merah. Sementara, KTT ASEAN Jakarta menjadi momen baik Jakarta mempromosikan diri kepada para peserta pertemuan internasional tersebut, terutama promosi budaya Betawi, suku asli kota berpenduduk hampir 11 juta jiwa itu.

Menurut "Jakarta Raya dan Sekitarnya Dari Zaman Prasejarah Hingga Kerajaan Pajajaran" yang ditulis oleh arkeolog Uka Tjandarasasmita, suku Betawi telah mendiami Jakarta sejak abad kelima Masehi. Letak Jakarta yang berada di pesisir Laut Jawa dan dibelah oleh sungai besar, seperti Ciliwung membawanya menjadi pusat perdagangan dan jasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Hasil Akulturasi Berbagai Bangsa

Jokowi dan Iriana Sambut Pemimpin Negara di KTT ASEAN
Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi (kedua kanan) dan Ibu Negara Iriana (kanan) menyambut Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim (kedua kiri) dan istrinya Wan Azizah Wan Ismail (kiri) setibanya mereka pada acara KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Indonesia, Selasa (5/9/2023). (Adek Berry/Pool Photo via AP)

Pedagang dari berbagai bangsa, seperti Arab, India, Tiongkok, Portugis, dan Belanda berdatangan memasuki Batavia, nama lama dari Jakarta. Mereka kemudian menetap dan ikut membantu memperkaya budaya Betawi lewat akulturasi yang dilakukan, salah satunya melalui perkawinan dengan warga Betawi.

Ada beberapa bentuk akulturasi dari bangsa-bangsa asing yang mewarnai ragam budaya masyarakat Betawi. Sebut saja kriya dan wastra Betawi yang masih melekat hingga kini seperti kebaya encim dan baju sadariah yang kental dengan pengaruh budaya Tionghoa.

Kebaya encim dikenal juga sebagai kebaya kerancang karena terdapat bordir di tepinya dengan teknik dilubangi. Dalam bahasa Sansekerta, kerancang atau krancang artinya lubang atau bolong.

Sementara, Iriana kerap mengenakan kebaya dalam berbagai kesempatan saat mendampingi Jokowi. Sebut saja ketika ia hadir bersama Jokowi dalam Rapat Tahunan MPR RI 2023 yang berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Agustus 2023.

Di kesempatan itu, Iriana terlihat memakai kebaya berwarna dasar kuning. Kebaya sederhana ini semakin terlihat elegan karena dihiasi lapisan kain brukat transparan berhias bordiran motif bunga bernada emas.


Iriana Jokowi Kenakan Kebaya Kuning Berhias Bordiran Emas di Sidang Tahunan MPR RI 2023

Jokowi Hadiri Sidang Tahunan Pakai Baju Adat Tanimbar Maluku
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersama Ibu Negara Iriana melambaikan tangan saat tiba di lokasi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). Jokowi mengenakan baju adat Tanimbar, Maluku. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Aksen dari selendang berwarna serasi memperkuat estetika layering pada kebaya yang dikenakannya, mempersembahkan kesan yang lebih anggun. Selain itu, kebaya ini dikombinasikan dengan kain songket berwarna senada yang juga didekorasi dengan motif emas.

Tidak hanya itu, aksesori seperti anting dan gelang perak yang dikenakannya juga melengkapi penampilannya. Dengan rambut yang diikat ke atas dalam model sanggul, penampilan Iriana menjadi semakin anggun dan elegan.

Riasan wajahnya yang tampak ringan dan menyegarkan, menonjolkan kecantikan alaminya. Ia memilih riasan minimalis, di mana warna lipstik coral matte menjadi pilihannya. Blush on merah yang tipis pada pipinya memberikan efek merona.

Tak lupa, pulasan eyeshadow berwarna coklat memberikan kedalaman pada matanya, sementara bulu mata lentiknya menambah kesan mata yang lebih hidup dan memesona. Diketahui bahwa Makeup Artist Iriana, Juanda Hasid Sorumba, mengunggah dua gambar Iriana Jokowi di Instagram miliknya, @bennusorumba.

Dalam foto tersebut, tampaknya ia telah menyelaraskan riasan wajah Iriana dengan pakaian yang ia kenakan. "SIDANG KENEGARAAN IBU NEGARA RI 1 @jokowi ✨✨," tulisnya dalam unggahannya pada Rabu, 16 Agustus 2023.


Berkebaya Pink Saat Temani Pendamping Negara ASEAN Jalan-Jalan di Labuan Bajo

Iriana Jokowi Bersanggul Saat Temani Pendamping Negara ASEAN Jalan-Jalan di Labuan Bajo
Iriana Jokowi Bersanggul Saat Temani Pendamping Negara ASEAN Jalan-Jalan di Labuan Bajo (Tangkapan Layar Instagram/jokowi)

Selain itu, Iriana bertemu dengan para pendamping pemimpin ASEAN di Puncak Waringin, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu, 10 Mei 2023. Iriana Jokowi juga turut menemani beberapa agenda menarik lainnya di Labuan Bajo.

Beberapa potret Iriana menemani para pendamping pemimpin ASEAN jalan-jalan di Labuan Bajo diabadikan dalam unggahan @jokowi, Rabu (10/5/2023). Dalam potret tampak ibu tiga anak itu tampil bersanggul dan mengenakan kebaya merah muda.

Ia melengkapi tampilannya dengan selendang dan kain bernuansa senada serta tak ketinggalan selop hitam. Aksesori seperti anting-anting turut mempermanis tampilan sang Ibu Negara.

"Saat para pemimpin negara ASEAN menggelar pertemuan di ajang KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Ibu Negara juga menemui para pendamping pemimpin ASEAN di Puncak Waringin, Kab. Manggarai Barat, NTT," bunyi keterangan dalam unggahan di Instagram Jokowi.

Ia juga menjelaskan bahwa sang istri turut mengajak Bun Rany Hun Sen (Kamboja), Vandara Siphandone (Laos), Wan Azizah Wan Ismail (Malaysia), Louise Araneta Marcos (Filipina), dan Ho Ching (Singapura) menyaksikan demo menganyam dan menenun kain. Di sela KTT ASEAN itu, rombongan tersebut juga menonton tarian Dundundake, permainan tradisional Rangku Alu, hingga persembahan lagu daerah NTT.

Infografis Tahap Pengajuan Kebaya Jadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO
Infografis Tahap Pengajuan Kebaya Jadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya