Cuaca Terlalu Panas di Luar, Orang Arab Saudi Jogging di Dalam Mal

Toko-toko belum dibuka, namun pusat perbelanjaan Riyadh yang ber-AC tetap ramai. Tempat ini menjadi surga bagi pejalan kaki dan pelari yang bersyukur memiliki tempat yang asyik untuk berolahraga.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 28 Okt 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2023, 22:00 WIB
Para perempuan berolahraga di sebuah mal di ibu kota Saudi, Riyadh, pada 15 Oktober 2023.
Para perempuan berolahraga di sebuah mal di ibu kota Saudi, Riyadh, pada 15 Oktober 2023. Sudah lama populer di Amerika Serikat, negara yang juga fokus pada mobil dan memiliki masalah obesitas, jalan-jalan di mal kini semakin menjadi olahraga di Arab Saudi. (Dok: Haitham El-Tabei / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Toko-toko belum dibuka, namun pusat perbelanjaan Riyadh yang ber-AC tetap ramai. Tempat ini menjadi surga bagi pejalan kaki dan orang yang suka jogging bersyukur memiliki tempat yang asyik untuk berolahraga.

Orang-orang di antara kerumunan di pagi hari tersebut, termasuk insinyur berusia 55 tahun Mohammed Sultan. Ia mengenakan T-shirt putih dan sepatu olahraga hitam, berjalan-jalan di sekitar mal diikuti oleh istrinya yang mengenakan niqab.

"Di luar terlalu panas untuk berolahraga. Cuaca di sini dingin dan tidak menimbulkan rasa haus," kata Sultan, seraya mencatat bahwa bahkan di bulan Oktober, akhir periode panas di Arab Saudi, suhu siang hari masih bisa mendekati 40 derajat celcius, katanya kepada AFP seperti dikutip dari Japan Today, Sabtu (28/10/2023). 

"Berjalan di gym (di atas treadmill) sangat membosankan," tambahnya sambil tertawa.

Pemandangan serupa juga terjadi setiap hari di mal-mal di ibu kota Arab Saudi. Hal ini menyoroti bagaimana meningkatnya minat terhadap kebugaran fisik di negara Teluk tersebut dibarengi dengan kurangnya ruang yang cocok untuk berolahraga.

Sudah lama populer di Amerika Serikat, negara yang juga fokus pada mobil dan memiliki masalah obesitas, jalan-jalan di mal kini semakin menjadi sarana olahraga di Arab Saudi. Sekitar satu dari lima orang dewasa di Saudi mengalami obesitas, menurut sebuah penelitian mendalam yang diterbitkan oleh Bank Dunia tahun lalu yang menggambarkan masalah ini sebagai hal yang "mengkhawatirkan". 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pusat Kebugaran Terlalu Mahal di Riyadh

Para perempuan jogging di dalam mal di ibu kota Saudi, Riyadh, pada 15 Oktober 2023.
Para perempuan jogging di dalam mal di ibu kota Saudi, Riyadh, pada 15 Oktober 2023. (Dok: AFP)

Untuk membantu menurunkan persentase tersebut, Federasi Olahraga untuk Semua Saudi kini menyelenggarakan perlombaan seperti Riyadh Marathon, yang tahun ini menarik ribuan pelari ke jalan-jalan ibu kota.

Namun acara seperti ini jarang terjadi, dan pusat kebugaran baru yang bermunculan di Riyadh sering kali membebankan biaya yang mahal. Padahal ini sebuah hal yang tidak disukai orang Saudi yang menolak peralatan mewah dan hanya membutuhkan ruang untuk meregangkan kaki mereka. 

Para pejabat telah mulai mengerjakan Sports Boulevard sepanjang 135 kilometer di ibu kota yang memiliki jalur berjalan kaki, bersepeda, dan menunggang kuda.

Namun proyek tersebut yang oleh penyelenggara disebut sebagai “tulang belakang hijau di seluruh kota” dengan “fitur air pendingin” dan lapangan sepak bola yang teduh – masih membutuhkan waktu beberapa tahun untuk selesai.

Hal ini menjadikan mal sebagai “satu-satunya pilihan” bagi banyak orang – setidaknya untuk saat ini, kata ekspatriat Australia Zuzana Kalous, yang membentuk kelompok jalan kaki perempuan di Riyadh pada tahun 2020 yang bertemu empat kali seminggu di pusat perbelanjaan berbeda. 


Mal Termasuk Tempat Aman Bagi Perempuan

Para perempuan jogging di sebuah mal di ibu kota Saudi, Riyadh, pada 15 Oktober 2023.
Para perempuan berolahraga di sebuah mal di ibu kota Saudi, Riyadh, pada 15 Oktober 2023. (Dok: AFP)

"Mal ini aman bagi perempuan, ber-AC dan terkendali. Tidak ada polusi, tidak ada debu, tidak ada lalu lintas," katanya kepada AFP saat lebih dari 20 anggota kelompoknya berlari melewati etalase toko pada suatu pagi baru-baru ini.

Lingkungan yang terkendali juga menjamin orang dapat berolahraga bahkan dalam cuaca yang kurang ideal, seperti badai pasir di musim semi atau hujan musim dingin, kata ahli gizi Saudi Laila al-Rifai, yang merupakan anggota kelompok Kalous.

"Pusat komersial adalah solusi ideal untuk terus berjalan kapan saja, kapan saja sepanjang tahun," katanya.

Hassan Merhi, seorang pelatih kebugaran asal Lebanon yang tinggal di Riyadh, mendorong kliennya untuk sesering mungkin berjalan di luar ruangan, dan menyatakan bahwa sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa olahraga memberikan latihan yang lebih baik daripada tetap berada di dalam ruangan.

"Ini membantu membakar lemak lebih cepat dan mengurangi stres," katanya.

Namun Batoul Zind al-Hadid, 41 tahun dari Suriah, mengatakan berjalan-jalan di mal sangat baik. Tidak hanya cenderung lebih bersifat sosial, dengan kelompok-kelompok berkumpul di ruang yang sama, hal ini juga memungkinkannya untuk tetap mengikuti tren fesyen terkini dengan mempelajari etalase.

Ini, katanya adalah "pengalaman yang lebih komprehensif dan menghibur".


Cuaca Panas Seorang Wanita Mandi Es

Cuaca Terlalu Panas, Aksi Wanita Beli Es Batu Kristal untuk Mandi Ini Viral
Cuaca Terlalu Panas, Aksi Wanita Beli Es Batu Kristal untuk Mandi Ini Viral (sumber: TikTok/@farafadila.id)

Beberapa waktu terakhir, cuaca di berbagai kota di Indonesia memang cukup tinggi. Bahkan cuaca panas di Indonesia diperkirakan mencapai suhu 35-38 derajat celcius.

Mengutip kanal Hot Liputan6.com, Sabtu (28/10/2023) tentunya, cuaca panas yang dirasakan masyarakat ini cukup ekstrem. Bahkan, tak sedikit masyarakat yang mencoba melakukan eksperimen dengan cuaca panas yang cukup menyengat seperti memasak langsung di bawah terik matahari.

Berbagai kelakukan warganet lantaran cuaca panas yang diunggah ke media sosial juga sering kali mencuri perhatian. Seperti yang dilakukan oleh seorang wanita asal Kediri, Jawa Timur ini.

Dari akun TikTok @farafadila.id, seorang wanita terlihat nekat membeli es batu kristal. Bukan untuk membuat minuman, akan tetapi es batu kristal tersebut malah digunakan untuk mandi. Aksi wanita ini pun langsung menjadi viral di berbagai platform.

Di video yang diunggah terlihat adanya dua orang wanita yang tengah berboncengan menggunakan motor. Mereka tampak terburu-buru karena tengah mengejar penjual es batu kristal.Tampak jika wanita yang mengejar penjual es batu kristal tersebut tampak membeli sekantong es batu yang diperkirakan berukuran 10 kg.

Aksi wanita ini pun langsung menjadi sorotan warganet. Wanita tersebut diduga sengaja membeli es batu kristal untuk mandi karena suhu serta cuaca yang cukup panas. 

Infografis Penjelasan Cuaca Panas Melanda Wilayah Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Penjelasan Cuaca Panas Melanda Wilayah Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya