YouTuber Ben Potter Meninggal Dunia, Akun Comicstorian Bakal Tetap Dilanjutkan?

Kematian Ben Potter, YouTuber terkenal dengan nama Comicstorian yang merupakan kutu buku komik dan pembawa acara podcast meninggalkan ribuan penggemar yang merasa kehilangan.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 12 Jun 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2024, 04:00 WIB
YouTuber Comicstorian meninggal dunia
YouTuber Comicstorian meninggal dunia. (Dok: YouTube)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah berita yang memilukan datang dari dunia YouTube. Ben Potter, yang dikenal sebagai Comicstorian, seorang YouTuber dengan tiga juta pelanggan setia dan konten yang lebih dari satu miliar penayangan meninggal dunia dalam kecelakaan tragis.

Mengutip dari laman news.com.au, Selasa (12/6/2024), Potter yang meninggal pada usia 40 tahun. Ia seorang kutu buku komik yang memproklamirkan diri dan dikenal karena membawa acara podcast The Weekly Pull dan Absolute Comics.

Kematian Potter datang secara mendadak, hanya 24 jam setelah dia mengunggah video terbarunya berjudul "Mengapa reboot DC mengalahkan Marvel". Istrinya, Nathalie Potter, mengumumkan berita tragis ini melalui akun Twitter resmi mendiang suaminya.

Dalam pernyataannya, Nathalie menggambarkan Ben sebagai sosok terbaik dan paling suportif yang bisa diharapkan oleh siapa pun, baik sebagai suami, teman, dan keluarganya, termasuk orang asing. "Dia adalah seseorang yang mau mendengarkan dan menyediakan waktu untuk orang yang dicintainya," tulis Istrinya di X, yang dulunya Twitter.

Comicstorian telah menjadi salah satu pencapaian terbesar Ben. Selama lebih dari 10 tahun, dia telah menyebarkan cinta dan penghargaannya terhadap hobi komiknya melalui saluran YouTube-nya.

Meskipun berduka atas kepergiannya, Nathalie dan tim Comicstorian bakal tetap melanjutkan karya Ben. Ia akan melanjutkan akun tersebut dengan menceritakan kisah-kisah hebat dari orang-orang hebat. Comicstorian juga ingin menjaga kenangan akan pahlawan super tetap hidup.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penggemar Ikut Berduka

Ilustrasi Komik - Image by lisistent from Pixabay
Ilustrasi Komik - Image by lisistent from Pixabay

Penggemar Comicstorian merespons berita ini dengan menyampaikan pesan belasungkawa mereka melalui video-video Comicstorian. Beberapa penggemar tayangan YouTube Ben, bahkan kembali ke unggahan pertama ia pada 2014 untuk menyampaikan apresiasi mereka atas karyanya. 

Kematian Ben Potter meninggalkan ribuan penggemar yang merasa ikut berduka. Mereka menggambarkan sosok Ben sebagai teman yang baik dan sumber kegembiraan dalam hidup mereka.

Berita ini mengejutkan dan menyedihkan bagi banyak orang, dan mereka merasa kehilangan sosok yang telah memberikan inspirasi dan hiburan melalui kontennya. Hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut tentang sifat kematian Ben Potter yang dibagikan.

Penggemar Comicstorian dan komunitas YouTube secara luas tetap ingin menghormati warisan Ben dengan terus mendukung dan mengapresiasi karya-karyanya. Ben Potter akan selalu dikenang sebagai seorang YouTuber yang menginspirasi dan memberikan kebahagiaan kepada banyak orang melalui cintanya terhadap dunia komik.

 


Tentang Komik, Cerita Buku Bergambar

Ilustrasi Komik - Image by Ralph Leonard Poon from Pixabay
Ilustrasi Komik - Image by Ralph Leonard Poon from Pixabay

Mengutip dari Tim Hot Liputan6.com, 26 April 2024, komik merupakan bentuk seni naratif yang menggunakan gambar-gambar berurutan dengan teks untuk menceritakan cerita atau menyampaikan pesan kepada pembaca. Istilah lain yang digunakan untuk komik antara lain adalah buku gambar, novel grafis, manga (konteks Jepang), bande dessinée (dalam bahasa Prancis), atau fumetti (bahasa Italia).

Meskipun istilah-istilah ini berasal dari budaya yang berbeda, mereka merujuk pada bentuk seni yang sama, yakni penggunaan gambar dan teks untuk menciptakan narasi visual. Komik hadir dalam berbagai genre dan gaya artistik yang beragam. Selain itu, komik bisa disampaikan dalam format yang berbeda, mulai dari strip harian yang muncul di surat kabar hingga buku tebal yang menggambarkan cerita penuh yang kompleks.

Komik pun tidak terbatas pada batasan usia, ada komik yang ditujukan bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa dengan tema dan gaya yang sesuai dengan audiensnya. Dengan banyaknya komik dalam kata lain tersebut mencerminkan keragaman dan keluwesan komik sebagai bentuk seni naratif yang universal dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan pembaca.


Digabungkan Teks dan Visual

ilustrasi komik
ilustrasi komik (sumber: Unsplash)

Komik adalah media yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan dengan gambar, sering digabungkan dengan teks atau informasi visual lainnya. Secara etimologi, kata komik berasal dari bahasa Yunani “komikos” yang artinya bercanda atau bersuka cita. Inilah mengapa pengertian komik adalah karya tulis yang masih berkaitan secara langsung dengan cerita humor.

Meski sebenarnya, komik adalah bisa berupa hal receh sampai serius yang berbau ilmiah. Pengertian komik adalah seni gambar yang tidak bergerak, tetapi rangkaian gambar dan teks singkat dalam komik sudah lebih dari cukup menguatkan isi cerita komik.

Mengutip komikus dan penerjemah Marcel Bonneff, dari laman Binus University School of Design, komik merupakan sebuah susunan gambar dan kata yang bertujuan agar memberikan informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca. Sebuah komik selalu memanfaatkan ruang gambar dengan tata letak gambar demi gambar yang membentuk sebuah cerita yang dituangkan ke dalam bentuk dan tanda. Komik pun termasuk dalam karya sastra, yaitu sastra bergambar. 

Infografis galeri seni yang jangan sampai dilewatkan
Infografis galeri seni yang jangan sampai dilewatkan. (Dok: Liputan6/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya