Warga Australia Meninggal Saat Mendaki Rinjani

Lipscombe yang berusia 53 tahun adalah salah satu dari 10 pendaki yang turut menanjak gunung itu.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 11 Jun 2014, 10:23 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2014, 10:23 WIB
Turis Australia Meninggal Saat Daki Gunung Rinjani
Jasad pria asal Australia meninggal saat mendaki Gunung Rinjani. (New Straits Times)

Liputan6.com, Mataram - Seorang pria Australia meninggal dunia di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ia sedang mendaki pada Selasa 10 Juni 2014.

"Diduga terkena serangan asma ketika mendaki gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia," kata polisi seperti dikutip dari New Straits Times, Rabu (11/6/2014).

Menurut keterangan pihak berwenang, bule Astralia bernama John-Paul Lipscombe itu baru sebentar mendaki. "Namun tiba-tiba ia pingsan," kata kepala polisi setempat, I Wayan Wartia.

"Dia telah berjalan dua kilometer ketika ia tiba-tiba pingsan dan meninggal," jelas Wartia.

Lipscombe yang berusia 53 tahun adalah salah satu dari 10 pendaki yang turut menempuh gunung itu. 9 Pendaki lainnya berada dalam kondisi sehat.

Gunung Rinjani memiliki tinggi yaitu 3.726 meter (12.224 kaki). Jalur pendakian itu memang tempat populer bagi para turis.

Sebelumnya, seorang turis asal Italia juga pernah meninggal di Rinjani. Namun bukan karena sakit, melainkan jatuh ke jurang saat mendaki gunung berapi itu pada 2010. (Yus)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya