Wakil Ketua KY Siap Ramaikan Bursa Calon Pimpinan KPK

Menurut Imam, regulasi maupun aturan main dalam sistem KPK harus disinkronkan dengan undang-undang termasuk KUHAP.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 05 Jun 2015, 17:59 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2015, 17:59 WIB
Peringati Hari Kartini, Perempuan Antikorupsi Pasang Banner Raksasa di KPK
Gedung KPK (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Imam Anshari Saleh menyatakan, akan mandaftarkan diri sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia mengaku terpanggil untuk meramaikan bursa calon pimpinan KPK yang dibuka mulai hari ini, Jumat 5 Juni hingga 24 Juni 2015.

"Saya terpanggil, saya concern dengan setiap upaya penegakan hukum. Ketika negara membutuhkan pimpinan KPK saya ingin memenuhi panggilan itu," ujar Imam di Jakarta, Jumat (5/6/2015).

Imam mengklaim, niatnya maju sebagai pimpinan KPK mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. ‎Ia juga menyampaikan beberapa poin yang harus dibenahi jika nanti terpilih menjadi pimpinan lembaga pemberantas korupsi itu.

Menurut Imam, regulasi maupun aturan main dalam sistem KPK harus disinkronkan dengan undang-undang termasuk KUHAP. Selain itu juga harus ada pembagian yang jelas terkait penanganan tindak pidana korupsi antara KPK, Polri, dan Kejaksaan.

"Jangan sampai seperti sekarang. Seolah-olah antar instansi berebut kewenangan, sehingga terjadi kisruh seperti sekarang ini. KPK juga harus mempunyai penyidik sendiri," papar dia.

Sebelum membulatkan tekadnya maju sebagai calon pimpinan KPK, Imam mengatakan akan meminta izin dan dukungan lebih dulu kepada orangtuanya di Jombang, Jawa Timur.

Pendaftaran calon pimpinan KPK mulai dibuka hari ini oleh Pansel KPK. Sejak dibuka, sudah ada beberapa peserta yang mendaftarkan diri baik melalui sekretariat maupun online. Juru Bicara Pansel KPK Betti Alisjahbana ‎berharap, pendaftar akan terus bertambah hingga hari terakhir pendaftaran.

Selain menunggu pendaftar datang, Pansel juga melakukan upaya jemput bola dengan mendatangi dan mengajak siapa saja yang dianggap layak dan berkompeten untuk ikut dalam seleksi pemilihan pimpinan KPK.

Pansel juga mendorong masyarakat untuk aktif mendukung orang yang dianggap memenuhi syarat dan kriteria serta berkeinginan mencegah dan memberantas korupsi agar mau mendaftar. (Sun/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya