Nasdem Minta Kadernya Contoh Gaya Blusukan Jokowi

Ketua Bappilu Partai Nasdem Enggartiasto Lukita berharap, setiap calon kepala daerah dari partainya dapat mengikuti langkah Jokowi.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 22 Sep 2015, 02:31 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2015, 02:31 WIB
Surya Paloh Kembali Temui Jokowi di Istana
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/1/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem menggelar Rapat‎ Kerja Nasional (Rakernas) yang digelar di JCC, Senayan pada Senin malam. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Enggartiasto Lukita berharap, setiap calon kepala daerah dari partainya dapat mengikuti langkah-langkah yang dilakukan Presiden Joko Widodo. Terutama, dekat dengan rakyat melalui blusukan.

"Contohlah Presiden Jokowi yang tidak kenal lelah, terjun ke daerah untuk mendengar aspirasi rakyat. Pemimpin seperti inilah yang dikehendaki oleh rakyat," imbau dia, Jakarta, Senin (21/9/2015) malam.

Menurut Enggartiasto, p‎elaksanaan rakernas ini merupakan ujung perjalanan pelaksanakaan rapat kerja wilayah (rakerwil) yang dilaksanakan di seluruh wilayah yang berakhir pada 16 September 2015. Ra‎kerwil ini sudah dilaksanakan di seluruh provinsi, kecuali Pekanbaru, lantaran pesawat tak bisa mendarat di wilayah tersebut akibat kabut asap.

Enggartiasto mengatakan, seluruh dewan pimpinan wilayah atau DPW akan melaporkan dalam rakernas Nasdem, terkait persiapan mereka menghadapi dan memenangkan Pilkada serentak 2015.

"Kita semua harus menyukseskannya. Selain menjadi agenda besar dan bersejarah bagi bangsa, Pilkada juga merupakan kesempatan bagi rakyat untuk mencari dan memilih secara langsung pemimpin di daerah masing-masing," jelas dia.

Perbaiki Kepemimpinan

Sementara dalam sambutannya, ‎Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh berpesan kepada seluruh calon kepala daerah yang diusung partainya, agar bertarung sekuat tenaga dalam Pilkada serentak mulai 9 Desember 2015.‎

"Kami berharap kepada mereka yang mempunyai status petahana, untuk tidak mengulang kesalahan yang sama saat menjabat, dan mereka bersedia memperbaiki hal tersebut," ujar Surya Paloh, Jakarta, Senin (21/9/2015) malam.

Di hadapan 255 calon kepala daerah asal Nasdem itu, Paloh berharap agar mereka bisa membuktikan dan menunjukkan pemikiran yang cerdas, guna menarik simpati masyarakat di daerahnya masing-masing. Sehingga mampu terpilih menjadi kepala daerah.
‎
"Bagi mereka yang pertama kali mencalonkan, kami juga berharap mereka mampu membuktikan jika orang-orang baru tidak kalah. Mampu memberikan pemikiran yang cerdas dan mementingkan kepentingan lebih besar, ketimbang kepentingan pribadi maupun partai," tegas dia. ‎
‎

Presiden Jokowi dalam sambutan acara ini sebelumnya berharap, para calon kepala daerah asal Nasdem berhasil memenangkan Pilkada dan tidak banyak berdiam diri di kantor saat terpilih menjadi pemimpin nanti, namun turun ke lapangan untuk mengetahui kondisi rakyatnya. ‎

‎Partai Nasdem ikut ambil bagian pada pilkada di 255 kabupaten atau kota dari 269 kota atau kabupat. ‎Selama rakernas, 255 calon kepala daerah akan digembleng dan dilatih untuk memenangkan Pilkada 2015. Nasdem mengusung tema "Bersama, Berjuang, Menang" dalam Pilkada 2015 yang akan dimulai 9 Desember 2015.

Sejumlah konsultan politik ternama akan dihadirkan untuk mengisi materi terkait proses Pilkada secara umum bagi calon kepala daerah asal Nasdem. Termasuk sejumlah lembaga negara seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Jokowi juga secara resmi membuka Rakernas Partai Nasdem. Turut hadir dalam acara itu, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Sosial Khofifah, Jaksa Agung M Prasetyo, Ketua Umum Hanura Wiranto.‎

Selain itu, para elite partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) juga hadir dalam acara tersebut. Di antaranya Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Ancol Agung Laksono, Ketua Umum PPP versi Muktamar Surabaya Romahurmuziy, Ketua Umum PAN yang juga Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Sekjen PKB Abdul Karding Kading. (Rmn/Mar)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya