Ahli Psikologi: Hasil Pemeriksaan Jessica di Kantor Polisi Bias

Pemeriksan di kantor polisi dapat menyebabkan hasil observasi menjadi bias.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 19 Sep 2016, 10:46 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2016, 10:46 WIB
[Bintang] ‘Perang’ Saksi Ahli Digital forensic Soal CCTV di Sidang Jessica
Suasana sidang Jessica ke-21. (via: Bintang.com/Galih W. Satria)

Liputan6.com, Jakarta - Kubu terdakwa Jessica Kumala Wongso menghadirkan ahli psikologi dari Universitas Indonesia (UI) Dewi Taviana dalam sidang kasus pembunuhan Mirna Salihin. Pada sidang ke-22 ini, Dewi menyinggung soal keabsahan pemeriksaan psikologi Jessica saat menjadi tersangka di kepolisian.

"Tempat pemeriksaan harus netral, di kantor polisi di staf siapa, itu enggak benar," kata Dewi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kemayoran, Senin (19/9/2016).

"Bagaimana mungkin orang nyaman dengan kondisi tertekan," Dewi menambahkan.

Dampak dari situasi tertekan dalam pemeriksaan psikologi tersebut, maka hasil observasi yang dihasilkan tidaklah maksimal. "Hasilnya bias. Tidak bisa dipertanggungjawabkan," Dewi menerangkan.

Dalam sidang ke-12, Senin 15 Agustus 2016, pengacara Jessica, Otto Hasibuan sempat mempersoalkan ahli yang dihadirkan Jaksa saat itu, ahli psikologi klinis Antonia Ratih Andjayani.

Dalam persidangan, Ratih ikut memeriksa Jessica saat penyidikan di Polda Metro Jaya, dia juga yang mendampingi psikolog Ronny Nitibaskara dalam pemeriksaan terdakwa saat itu.

"Yang bersangkutan adalah pribadi sangat cerdas. Tampak dari jawaban yang disampaikan sangat tegas, sitematis, dan jika diuji tidak salah," kata Ratih kala itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya