Bendera Mirip GAM Sempat Berkibar di Istiqlal Jelang Demo

Bendera tersebut diturunkan setelah Kapolda Metro Jaya berkoordinasi dengan Rizieq Shihab.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 04 Nov 2016, 14:01 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2016, 14:01 WIB
Bendera GAM
Sempat berkibar, bendera mirip GAM berhasil diturunkan (Liputan6.com/Nafis)

Liputan6.com, Jakarta Bendera mirip Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sempat berkibar di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, jelang demo 4 November siang ini. Bendera itu sempat berkibar di antara demonstran yang tengah berkumpul di masjid terbesar se-Asia Tenggara itu.

Tak hanya bendera, massa juga membentangkan spanduk yang berisikan kalimat provokatif. Dalam kalimatnya, mereka mengatasnamakan warga Aceh.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengatakan, bendera dan spanduk tersebut merupakan simbol Partai Aceh. Keduanya dipasang oleh kelompok Front Pembela Islam (FPI) Aceh.

"Masing-masing satu buah," ujar Awi saat ditemui di lokasi, Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Namun bendera dan spanduk itu dengan cepat diturunkan. Polisi meminta agar tak ada tindakan provokasi yang dapat mencederai aksi damai ini.

"Sudah saya sampaikan ke Rizieq (Pimpinan FPI Rizieq Shihab), kenapa itu bisa terjadi dan langsung diamankan oleh yang bersangkutan," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan.

Iriawan menegaskan, pihaknya dan koordinator lapangan telah sepakat mengawal aksi damai ini tanpa adanya tindakan provokatif yang dapat memecah belah persatuan.

"Karena saya menuntut apa yang disampikan oleh korlap, bahwa tidak akan ada provokasi. Kita sudah sampaikan dan sudah diambil (bendera dan spanduk GAM)," jelas Iriawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya