Ini Strategi Polri Antisipasi Kemacetan di Brexit Saat Idul Adha

Berbeda dengan mudik Idulfitri kemarin, kendaraan yang menumpuk di Brexit akan diarahkan menuju tol fungsional Brebes-Grinsing.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 29 Agu 2017, 17:34 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2017, 17:34 WIB
Penumpukan Jalur Buka Tutup Fungsional Brebes-Batang
Kendaraan mengantre memasuki jalur fungsional tol Brebes-Batang, Jawa tengah, Rabu (21/6). Penutupan disebabkan menumpuknya kendaraan menuju jalur fungsional tol Brebes-Batang sehingga dialihkan lewat tol Brebes Timur. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Liputan6.com, Jakarta - Jalur Tol Brebes-Gringsing dipastikan tidak akan dibuka fungsional pada libur Idul Adha 1 September 2017. Sebab, jalur tersebut kini dalam tahap pengerasan jalan. Hal ini diprediksi akan menimbulkan kemacetan saat arus mudik nanti.

Asisten Kapolri Bidang Operasi Irjen Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya tetap akan mengantisipasi kemacetan di Exit Tol Brebes Timur (Brexit). Sejumlah strategi pun sudah disiapkan untuk itu.

Berbeda dengan mudik Idul Fitri kemarin, kendaraan yang menumpuk di Tol Brexit akan diarahkan menuju tol fungsional Brebes-Grinsing. Kali ini, kata Iriawan, bila ada penumpukan, kendaraan akan diarahkan keluar pintu tol sebelum Brexit.

"Kalau terjadi antrean 5 kilometer, maka akan dikeluarkan ke Pejagan. Kemudian kalau terjadi antrean lagi terjadi, akan dikeluarkan di pintu Tol Kanci," kata Iriawan di pintu Tol Kaliangsa, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2017).

Setelah kendaraan diarahkan keluar melalui dua pintu tol tersebut, kemudian diarahkan menuju jalur arteri atau Pantura. Namun bila nanti Pantura juga terjadi penumpukan, dia mengatakan pihaknya akan mengalihkan ke arah Purwokerto.

"Ini harus menjadi koordinasi yang baik antara Polda Jawa Barat dan Jawa Tengah. Karena setelah keluar Tol Palimanan, itu 10 persennya ke Cirebon, 30 persennya ke selatan, Purwokerto dan Yogyakarta. Sisanya yang ke jalur Pantura," ujar Iriawan.


Saksikan video menarik berikut ini:

 


Prediksi Kepadatan Brexit

Sejumlah ruas tol yang menuju ke luar kota dari arah Jakarta memang diperkirakan akan mengalami kepadatan saat libur Idul Adha, Jumat, 1 September 2017 mendatang.

Iriawan memprediksi akan terjadi kenaikan volume kendaraan sebesar 20 persen pada Kamis, 31 Agustus 2017 atau sehari sebelum Idul Adha.

"Dari hasil analisis Jasa Marga dan pengelola jalan tol, kenaikan akan 20 persen dari volume hari biasa," ujar Iriawan di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Senin 28 Agustus 2017.

Dia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pola pengaturan lalu lintas di sejumlah titik yang rawan penumpukan. Misalnya di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan pintu keluar Tol Brebes Timur.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya