Jakarta Bersiap Jadi Pusat Seni dan Budaya Asia

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan saat pencanangan revitalisasi TIM, beberapa waktu lalu.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Des 2018, 17:56 WIB
Diterbitkan 04 Des 2018, 17:56 WIB
Jakarta Bersiap Jadi Pusat Seni dan Budaya Asia
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan saat pencanangan revitalisasi TIM, beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merevitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM). Melalui perbaikan sarana tersebut diharapkan akan membawa Jakarta menjadi pusat kesenian dan budaya di Asia. 

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan revitalisasi TIM menjadi bagian untuk membawa Jakarta sebagai pusat seni dan kebudayaan Asia.

“Sudah saatnya, Jakarta memiliki pusat kesenian berkelas internasional. Dan saya ingin Jakarta bisa menjadi tuan rumah bagi perhelatan kesenian dan kebudayaan dunia. Itu artinya kerja besar bagi kita semua yang ada di tempat ini,” papar Anies.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta, Asiantoro, memaparkan bahwa revitalisasi TIM akan dimulai pada tahun 2019. Revitalisasi tersebut akan dilakukan selama dua tahun.

“Pada tahun pertama (red-2019) akan dilakukan pembangunan gedung baru beserta fasilitas penunjang. Dengan alokasi anggaran sebesar Rp 501,5 miliar,” ungkap Asiantoro.

Kemudian pembangunan dilanjutkan pada tahun 2020. Revitalisasi dilakukan terhadap bangunan eksisting dan penataan ruang terbuka hijau.

“Di tahun ini dialokasikan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun. Jadi total anggaran yang dibutuhkan Rp 1,8 triliun. Pembangunan akan dilakukan oleh PT Jakpro,” kata Asiantoro.

Adapun revitalisasi TIM akan dibangun oleh arsitek ternama, Isandra Matin atau Andra Matin. Ia merupakan arsitek yang membangun Bandara Banyuwangi dengan konsep green airport. Andra mengatakan desain revitalisasi dirancang untuk mengembalikan nafas atau soul TIM saat pertama kali dibuat tahun 1968. Yakni bangunan yang sangat inklusif, terbuka, dan guyub.

Andra menegaskan revitalisasi akan menjadikan Pusat Kesenian Jakarta (PKJ) TIM menjadi taman yang besar. Sehingga dapat menjadi tempat para seniman untuk praktik, latihan, dan mempertunjukkan seninya di luar ruangan (outdoor).

“Masyarakat dapat melihat mereka berlatih atau sekadar menikmati ruang terbuka hijau. Sehingga, PKJ TIM menjadi tempat yang inklusif bagi para seniman dan masyarakat,” tukas Andra.

Revitalisasi akan berlangsung dalam beberapa tahap. Di antaranya, membuat bangunan baru untuk merelokasi sementara semua kegiatan. Kemudian, bangunan lama akan dipugar. Seperti mengubah lahan parkir menjadi taman, dan memindahkan tempat parkir ke bawah (basement) bangunan yang baru.

Bangunan teater Jakarta dan Planetarium tetap dipertahankan karena termasuk bangunan bersejarah dan dan masih berfungsi baik.

“Interior Planetarium pertahankan. Namun, eksteriornya akan menyesuaikan dengan desain yang baru,” pungkas Andra.

 

(*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya