Padamkan Kebakaran Hutan di Riau, BNPB Buat Hujan Buatan

BNPB mengungkapkan Riau masih terancam kebakaran hutan.

oleh Muhammad Ali diperbarui 01 Mar 2019, 07:41 WIB
Diterbitkan 01 Mar 2019, 07:41 WIB
Kebakaran Landa Lahan Gambut di Riau
Api yang melalap lahan gambut di Pekanbaru, Provinsi Riau, (1/2). Lokasi ini merupakan salah satu dari 73 titik api yang terdeteksi menyebabkan kabut asap di pulau Sumatera. (AFP Photo/Wahyudi)

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bernardus Wisnu Widjaja menilai, Riau masih terancam dengan masalah kebakaran hutan.

Ia mengungkapkan, BNPB akan melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan Riau. Salah satunya dengan membuat hujan buatan.

"Riau masih terancam, tapi kita sudah komunikasi dengan (pihak terkait di) Riau. Saat ini kita sudah menurunkan tim teknologi untuk mendeteksi cuaca dan hujan buatan," ujar dia di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Kamis (28/2/2019).

"Hujan buatan sudah kita mulai dua hari ini, terhitung dari tanggal 26 kemarin sudah mulai hujan," tambahnya.

Wisnu juga menuturkan, upaya yang dilakukan BNPB tidak sia-sia alias berbuah manis. Sebab BNPB berhasil memancing awan hujan muncul di langit Riau. Wisnu menilai, kebakaran hutan Riau berpotensi akan segera padam.

"Dari hasil pengupayaan ini, kami lihat, potensi awan untuk hujan di Riau sudah muncul," pungkasnya.

Untuk diketahui, kebakaran hutan dan lahan semakin meluas di Riau. Saat ini, jumlah lahan yang terbakar mencapai 497,7 hektare. Paling luas lahan terbakar di Kabupaten Bengkalis, mencapai 322 hektare.

 

Reporter: Ranti Yunidar

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya