Luhut: Kasus Covid-19 di DKI Jakarta Mulai Lewati Puncaknya

Luhut Binsar Pandjaitan menyebut penambahan kasus Covid-19 di Jawa-Bali mulai melambat.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 15 Feb 2022, 05:04 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2022, 15:46 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok Kemenko Marves)
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok Kemenko Marves)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut penambahan kasus Covid-19 di Jawa-Bali mulai melambat.

Bahkan, kata dia, kasus Covid-19 di DKI Jakarta sudah mulai melewati puncaknya.

"Berita positifnya, kasus di DKI Jakarta menunjukkan tanda-tanda mulai melewati puncaknya, baik kasus harian, kasus aktif, maupun rawat inap mulai menunjukkan penurunan" kata Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/2/2022).

Kendati begitu, dia menyebut terjadi peningkatan kasus Covid-19 di daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Namun, Luhut menekankan lonjakan kasus tersebut masih lebih rendah dibandingkan puncak varian Delta pada Juli 2021.

"Tidak hanya kasus, jumlah rawat inap rumah sakit di provinsi Jawa-Bali sebagian besar masih jauh lebih rendah daripada Delta," kata Luhut.

Selain itu, dia menyampaikan tren kasus Covid-19 di Banten, Jawa Barat, dan Bali lebih tinggi dibandingkan varian Delta dalam sepekan terakhir. Meski demikian, kenaikan kasus ini belum mencapai 4 kali lipat lebih tinggi daripada varian Delta.

"Dalam 7 hari terakhir Banten, Jawa Barat, dan Bali menjadi tiga provinsi yang tren lebih tinggi daripada varian Delta. Namun, belum seperti yang diprediksi banyak orang, 3 atau 4 kali lebih tinggi daripada Delta," kata Luhut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perkembangan Kasus

Sebelumnya, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia bertambah 44.526 orang pada hari ini, Minggu, 13 Februari 2022. Sementara kasus aktif bertambah 17.499 pasien.

Penambahan kasus positif Covid-19 provinsi DKI Jakarta kembali ungguli Jawa Barat. Data yang dihimpun Kementerian Kesehatan RI menunjukkan ada 10.006 kasus infeksi virus Corona baru dari transmisi lokal dan 44 dari pelaku perjalanan luar negeri di Jawa Barat. Dengan demikian total kasus positif di Jawa Barat berjumlah 10.050.

Provinsi lain yang juga menyumbang kasus positif baru dalam jumlah tinggi yakni Banten dan Jawa Timur. Total kasus di Banten berjumlah 5.592 kasus, dan Jawa Timur 5.377 kasus.

Adapun jumlah pasien yang meninggal terkait Covid-19 pada hari ini bertambah 111 jiwa. Dari jumlah tersebut 43 diantaranya merupakan kasus tansmisi lokal di DKI Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya