Soal Menteri Berkampanye, Jokowi: Saya Minta Fokus Bekerja

Jokowi meminta semua menteri untuk fokus menjalankan tugasnya, dan tidak berkampanye untuk 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 12 Jul 2022, 11:08 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2022, 11:08 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Sidang Kabinet Pengarahan Presiden dan APBN 2022 di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 17 November 2021. (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya untuk fokus bekerja. Hal ini disampaikan Jokowi menanggapi pertanyaan dari awak media soal adanya menteri yang berkampanye.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja," jelas Jokowi usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi Kabupaten Subang, Selasa (12/7/2022).

Dia mengatakan tugas utama Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat ini yakni, menurunkan harga minyak goreng di pasaran. Jokowi ingin harga minyak goreng curah menjadi Rp 14.000 per liter atau lebih murah.

"Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," ujarnya.

Selain itu, Jokowi mengingatkan bahwa tugas Mendag mengunjungi pasar adalah untuk mengecek harga minyak goreng dan pangan lainnya. Sehingga, harga minyak goreng di pasar dapat terjangkau oleh masyarakat.

"Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek, karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium," kata Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fokus di Energi dan Pangan

Raker dengan Komisi VI DPR, Mendag Zulkifli Hasan Tunjukkan Minyakita
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menunjukkan minyak goreng curah kemasan sederhana saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Selasa (5/7/2022). Minyak goreng tersebut dijual dengan merek MinyaKita dan dijual dengan harga Rp 14.000 per liter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi juga menekankan agar para menteri, utamanya yang mengurusi bidang energi dan pangan, agar bisa fokus menangani dua hal tersebut. Menurut dia saat ini situasi dunia sedang terdisrupsi di dua bidang tersebut.

"Semuanya harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan dengan energi dan pangan, ini penting. Ini saya urus terus urusan yang berkaitan dengan BBM, urusan yang berkaitan dengan energi itu misalnya batu bara semuanya karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan," tutur dia.

"Sehingga kita harus konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini," sambung Jokowi.

Infografis Polri Bentuk Satgas Nusantara Cegah Polarisasi Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Polri Bentuk Satgas Nusantara Cegah Polarisasi Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya