Hujan Deras Sejak Sore, Sejumlah Jalan di Kota Depok Tergenang

DPUPR Kota Depok telah menerjunkan Satgas Banjir untuk menangani genangan air di sejumlah ruas jalan akibat hujan deras Minggu sore tadi.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 27 Mar 2023, 00:05 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2023, 00:05 WIB
Hujan Deras Sejak Sore, Sejumlah Jalan di Kota Depok Banjir
Satgas DPUPR Kota Depok menangani genangan air di Jalan Arif Rahman Hakim, Kecamatan Beji, Kota Depok akibat hujan deras. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Depok - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Depok sejak Minggu (26/3/2023) sore membuat sejumlah jalan di kota tersebut tergenang air. Banjir bahkan menyebabkan beberapa motor mogok lantaran nekat menerobos genangan air.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianti mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan Satgas Banjir untuk melakukan penanganan genangan di sejumlah ruas jalan akibat hujan deras.

“Kami sudah menurunkan Satgas Banjir DPUPR untuk menangani genangan,” ujar Citra kepada Liputan6.com, Minggu (26/3/2023). 

Citra menjelaskan, salah satu lokasi terjadinya genangan air berada di Jalan Arif Rahman Hakim, Kecamatan Beji, Kota Depok. Menurutnya, genangan air disebabkan saluran drainase tidak dapat menampung tinginya volume hujan.

“Iya hujannya deras jadi tidak dapat menampung saluran, tapi air di saluran tetap berjalan semestinya,” jelas Citra.

Untuk mempercepat penanganan genangan air di Jalan Arif Rahman Hakim, Satgas Banjir DPUPR Kota Depok telah mengaktifkan pompa air. Pompa air yang diaktifkan Satgas membantu percepatan penyedotan air untuk mengalirkan air ke dalam saluran.

“Sudah diaktifkan pompa dan air genangan telah surut,” ucap Citra.

DPUPR Kota Depok terus berusaha melakukan penanganan apabila terjadi genangan air di jalanan. Tidak hanya itu, secara rutin Satgas Banjir juga melakukan pengontrolan saluran air di sejumlah jalan untuk mencegah terjadinya genangan air saat hujan deras.

“Kami rutin mengontrol dan membersihkan saluran air dari adanya gangguan, salah satunya sampah dan sedimen lumpur,” terang Citra.

Tak hanya itu, DPUPR Kota Depok juga rutin melakukan normalisasi kali di sejumlah titik. Hal itu untuk mengoptimalkan fungsi kali sehingga dapat menampung volume air hujan dan mencegah terjadinya banjir maupun genangan.

“Kali maupun Situ yang menjadi kantong penyangga air rutin kami lakukan normalisasi,” ungkap Citra.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jalanan di Beji Sering Tergenang Saat Hujan

Hujan Deras Sejak Sore, Sejumlah Jalan di Kota Depok Banjir
Satgas DPUPR Kota Depok menangani genangan air di Jalan Arif Rahman Hakim, Kecamatan Beji, Kota Depok akibat hujan deras. (Foto: Istimewa)

Sementara, salah seorang warga Beji, Irwan mengatakan, genangan air di Jalan Arif Rahman Hakim bukan pertama kali terjadi di jalan tersebut apabila hujan deras. Namun apabila hujan telah berhenti, maka genangan di jalan yang berhubungan dengan Jalan Raya Margonda dan Nusantara ini akan cepat surut.

“Setiap hujan deras dengan waktu lama pasti terjadi genangan mencapai 15 sentimeter, tapi surutnya juga cepat,” kata Irwan.

Irwan mengungkapkan, pada saat terjadi genangan terdapat sejumlah pengendara motor yang mogok. Akibatnya para pengendara terpaksa mendorong motor ke lokasi yang tidak terdapat genangan untuk diperbaiki.

“Kalau motor yang mogok pasti ada, tadi juga ada yang mogok, mungkin busi mesin motor terkena air,” ungkap Irwan.

Irwan berharap, DPUPR Kota Depok dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk penanganan genangan air di Jalan Arif Rahman Hakim.

“Waktu itu kalau tidak salah beberapa tahun lalu, Pak Gubernur Ridwan Kamil kunjungan ke sini mau meminjamkan alat, enggak tahu sekarang jadi dipinjamin atau tidak,” pungkas Irwan. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya