Komjen Agus Andrianto Akan Dilantik Jadi Wakapolri Baru Senin Pekan Depan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan melantik Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono yang akan memasuki masa pensiun.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Jul 2023, 23:05 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2023, 23:05 WIB
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Agus Andrianto
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Agus Andrianto. (dok Polri)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan melantik Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono yang akan memasuki masa pensiun. Agenda pelantikan dijadwalkan pada Senin (3/7/2023) mendatang.

"Insya Allah untuk pelaksanaan sertijab Pak Wakapolri direncanakan hari Senin tanggal 3 Juli ya," kata As SDM Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di SUGBK, Jakarta, Sabtu (1/7/2023).

Adapun serah terima jabatan tersebut, akan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan. Usai melaksanakan sertijab, kemudian akan dilanjutkan prosesi pisah sambut dari pejabat lama terhadap pejabat yang baru.

"Iya Pak Kapolri langsung yang memimpin pelaksanaan upacara sertijab. Sekaligus nanti ada kegiatan tradisi pisah sambutnya nanti akan dilaksanakan di PTIK," ujarnya.

"Iya langsung (pelaksanaan pisah sambut), kan kegiatan Polri tahun ini cukup padat," sambungnya.

Kemudian, untuk Pejabat Utama (PJU) Mabes Polri dan sejumlah Kapolda yang terkena mutasi jabatan. Akan dilaksanakan serah terima jabatan pada dua minggu ke depan.

"Khusus hanya Pak Wakapolri, untuk PJU dan Kapolda insya Allah setelah di atas tanggal 10 direncanakan seperti itu," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rotasi Jabatan

Kapolri Umumkan Mutasi 25 Polisi Terkait Kasus Brigadir J
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal mengeluarkan TR khusus untuk memutasi sejumlah polisi yang diduga melanggar kode etik terkait penanganan kasus tewasnya Brigadir J. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi jabatan terhadap anggotanya. Kali ini, Komjen Agus Andrianto diangkat menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono.

Mutasi yang tertuang dalam Surat Telegram nomor ST/1393/VI/KEP/2023 ini, tertulis jika Gatot Eddy memasuki masa pensiun.

"ST/1393/VI/KEP/2023, sebanyak 4 personel," kata Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Senin 26 Juni 2023.

"Komjen Pol Gatot Eddy Wakapolri dimutasikan sebagai Pati Mabes Polri (dalam rangka pensiun)," tulis dalam TR tersebut.

Selanjutnya, dalam TR itu tertulis Agus menjadi Wakapolri. "Komjen Pol Agus Andrianto Kabareskrim Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolri," tulis kembali dalam TR.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya