Erick Thohir Kerja Nyata Bangun Infrastruktur Tingkatkan Ekonomi

Salah satu upaya yang dilakukan Erick Thohir bersama Kementerian BUMN adalah dengan terus berupaya menarik investor untuk membangun teknologi batrai listri yang akan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Sep 2023, 20:26 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2023, 17:19 WIB
Konferensi Pers Erick Thohir Mengenai Piala Dunia U-17 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan kepada media saat konferensi pers mengenai Piala Dunia U-17 2023 di Menara Danareksa, Jakarta, Sabtu (24/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir terus melakukan aksi konkret dalam membangun infrastrukur negara. Hal itu dilakukan menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini agar perekonomi Tanah Air dapat meningkat untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Saat ini Ketum PSSI ini sedang gencar membangun infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia. Tentu hal itu dikakukan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang memiliki dampak besar bagi bangsa dan negara.

"Kita BUMN terus berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur negara. Hal itu dilakukan untuk percepatan pembangunan ekosistem logistik akan menjadi kunci pertumbuhan ekonomi," kata Erick Thohir, dikutip dari kanal YouTube IDN Times, Minggu (17/09/2023).

Salah satu wujud kerja nyata Erick Thohir dalam membangun infrastruktur negara dengan pembangunan jalan tol di Indonesia. Hal inj merupakan wujud komitmen BUMN melalui Waskita membangun fasilitas untuk memudahkan mobilitas masyarakat dan mempercepat distribusi barang serta jasa.

Selain itu, Erick Thohir juga melakukan terobosan terkait infrastruktur hijau merupakan isu penting yang tengah menjadi perbincangan dunia di tengah meningkatnya emisi global. Hal ini sejalan dengan jalur transisi energi global guna mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Erick Thohir bersama Kementerian BUMN adalah dengan terus berupaya menarik investor untuk membangun teknologi batrai listri yang akan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

"Namanya infrastruktur tetap menjadi kunci makanya ke depan kita juga fokus dengan lingkungan supaya negara mempunyai masa depan," ungkap Erick Thohir.


Milenial Jadi Penggerak Ekonomi Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, mendorong para pelaku usaha muda Palembang untuk menjadi penggerak ekonomi global. Dengan kreatifitas yang dimiliki oleh para pelaku usaha muda, Erick Thohir percaya bahwa produk UMKM yang dihasilkan dapat bersaing di pasar global.

Erick melalui Staf Khususnya, Arya Sinulingga, menyatakan bahwa BUMN sangat siap untuk memfasilitasi para pelaku usaha muda untuk dapat meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan agar tembus pasar global.

“BUMN tentunya mempunyai program-program dan juga fasilitas yang siap untuk mensupport para pelaku usaha UMKM. Contohnya kita punya Rumah BUMN, disitu teman-teman entrepreneur millennial bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk melakukan pelatihan-pelatihan. Selain itu, saat ini kita sedang merancang vending machine yang akan tersedia di kantor-kantor BUMN dan produk yang dijual adalah produk UMKM,” jelas Arya ditulis Selasa (18/7/2023).

Arya juga menambahkan bahwa Palembang sebagai kota wisata dan terkenal dengan makanan olahan ikannya yaitu pempek, Rumah BUMN Sumatera Selatan yang merupakan binaan PUSRI dapat dijadikan tempat sentral oleh-oleh. Dengan ini Rumah BUMN dapat membantu meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM.

Selain itu dalam diskusi bersama Entrepreneur Millennial Palembang Arya juga menyebutkan bahwa para pelaku UMKM harus saling proaktif dalam meningkatkan kapasitas diri dan entitas bisnis.

Sesi diskusi bersama Entrepreneur Millennial Palembang kali ini diikuti oleh 70 pelaku usaha muda yang merupakan binaan dari PUSRI, BNI, Mandiri, dan BNI.

Harapan kedepannya agar para entrepreneur milenial dapat terus meningkatkan kualitas ide dan inovasi produk sehingga dapat menembus pasar internasional dan berperan besar terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

Infografis 3 Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 versi Erick Thohir. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 versi Erick Thohir. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya