Selama Kegiatan HKG PKK ke-51, DPPKB Kabupaten Pulau Taliabu Gratiskan Layanan KB

Pelayanan KB gratis ini tersebut guna meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kehamilan dan gizi, sekaligus melakukan pencegahan Stunting di Kabupaten Pulau Taliabu.

oleh stella maris diperbarui 05 Nov 2023, 13:39 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2023, 12:45 WIB
Pulau Taliabu
Selama Kegiatan HKG PKK ke-51, DPPKB Kabupaten Pulau Taliabu Gratiskan Layanan KB/Istimewa.

Liputan6.com, Pulau Taliabu Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Pulau Taliabu, menggelar bakti sosial pelayanan KB gratis kepada seluruh masyarakat yang berkunjung di Kabupaten Pulau Taliabu. Bakti sosial itu diselenggarakan dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 tingkat Provinsi Maluku Utara. 

Kepala Dinas DPPKB Kabupaten Pulau Taliabu Abdul Kadir Nur Ali mengatakan, ada berbagai jenis pelayanan KB di antaranya adalah metode kontrasepsi jangka panjang seperti IUD, implant dan vasektomi. Selain itu ada juga pelayanan metode kontrasepsi jangka pendek seperti implan gratis, suntik KB gratis, pil gratis dan kondom gratis.

Pelayanan KB gratis ini, kata Abdul Kadir, guna meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kehamilan dan gizi, sekaligus melakukan pencegahan Stunting di Kabupaten Pulau Taliabu.

"Untuk kontrasepsi suntik KB masyarakat bisa mendatangi bidan praktek mandiri yang terdaftar di DPPKB Kabupaten Pulau Taliabu. Sedangkan untuk pelayanan kontrasepsi pil dan kondom akan dilibatkan kader KB di stand kontingen KB yang terletak di lokasi HKG," jelasnya.

Menurut Abdul Kadir, perencanaan keluarga adalah poin penting yang harus dipersiapkan setelah menikah, dengan perencanaan keluarga yang matang, pasangan bisa mengembangkan diri dan karier. Juga memiliki kemampuan untuk merencanakan kehamilan, termasuk memilih kontrasepsi juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan bagi perempuan. Disisi lain, kasih sayang dan kebutuhan finansial untuk anak bisa dimaksimalkan.

"Kami dari Dinas DPPKB Kabupaten Pulau Taliabu mengajak seluruh pasangan usia subur dalam rangka menjarak kehamilan dan menjaga harmonisasi rumah tangga, untuk mengikuti program pelayanan kontrasepsi," ujarnya. 

 

(*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya