Usai Diperiksa Polisi, Ketua KPK Firli Bahuri Tutup Wajahnya Pakai Tas

Ketua KPK Firli Bahuri berusaha menghindari sorotan media usai menjalani pemeriksaan polisi terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Firli terlihat menutupi wajahnya dengan tas saat keluar dari Bareskrim Polri.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 16 Nov 2023, 15:27 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2023, 15:26 WIB
Usai Diperiksa Polisi, Ketua KPK Firli Bahuri Tutup Wajahnya Pakai Tas
Ketua KPK Firli Bahuri menutupi wajahnya menggunakan tas untuk menghindari sorotan media. Hal ini dilakukan usai Firli menjalani pemeriksaan di Kantor Bareskrim Polri terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bungkam saat dicecar wartawan terkait hasil pemeriksaan dirinya sebagai saksi kasus dugaan pemerasaan yangg dialami mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Firli diperiksa di kantor Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri, Jakarta Selatan pada hari ini, Kamis (16/11/2023).

Ketua KPK Firli Bahuri tampak keluar melalui pintu belakang gedung utama Mabes Polri sekira pukul 14.36 WIB.

Dia terlihat mengenakan kemeja batik cokelat dipadu celana panjang berwarna hitam. Mulutnya tampak ditutup masker medis berwarna hijau.

Firli Bahuri langsung masuk ke dalam mobil Hyundai berwarna hitam dengan pelat nomor B 1917 TJQ.

Kemunculan Firli usai diperiksa sebagai saksi kasus pemerasan Syahrul Yasin Limpo ini menyedot perhatian awak media. Mereka lantas mengejar mobil yang ditumpangi oleh Firli Bahuri.

Saat diberondong sejumlah pertanyaan oleh awak media, Firli menolak menjawab. Dia terlihat duduk di bagian belakang. Sandaran kursinya diturunkan sehingga posisi Firli terlihat sedikit berbaring.

Awak media mengabadikan momen menggunakan kamera. Sadar menjadi sorotan, Firli kemudian menutup wajahnya menggunakan tas berwarna hitam. Mobil yang ditumpangi Firli pun terus melaju meninggalkan Mabes Polri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Firli Diperiksa 3 Jam

Ketua KPK Firli Bahuri hadir di Bareskrim Polri pada Selasa (24/10/2023) (Istimewa)
Ketua KPK Firli Bahuri hadir di Bareskrim Polri pada Selasa (24/10/2023) (Istimewa)

Polisi rampung memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri penuhi panggilan sebagai saksi kasus dugaan pemerasaan dialami mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) padahKamis (16/11/2023). Firli menjalani pemeriksaan selama hampir tiga jam.

Penasihat Hukum Firli Bahuri, Ian Iskandar menerangkan, ini panggilan pemeriksaan kedua yang dipenuni oleh kliennya. Pemeriksaan berlangsung sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

"Iya beliau masih saksi. Diperiksa selama tiga jam lah ya," kata Ian di Bareskrim Polri, Kamis (16/11/2023).

Ian menolak berkomentar materi pada pemeriksaan pada hari ini. Dia beralasan, hal itu menjadi ranah penyidik untuk menjawab.

"Itu mungkin materi penyidik nanti bisa ditanyakan kepada penyidik di Polda," ujar dia.

"Yang bisa kami sampaikan bahwa dalam pemeriksaan hari ini adalah ya pemeriksaan yang sifatnya sangat normatif. Hari ini juga pak Firli menyerahkan dokumen LHKPN yang sempat diminta penyidik Polda. Dan kita sudah serahkan dokumen itu," sambung dia   


Sebut Firli Bahuri Difitnah

Penasihat Hukum Firli Bahuri, Ian Iskandar (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)
Penasihat Hukum Firli Bahuri, Ian Iskandar (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Namun, Ian menegaskan kehadiran Firli Bahuri sebagai bentuk kooperatif dalam mengikuti semua proses hukum terkait tuduhan pemerasan, gratifikasi, dan penerimaan hadiah yang sedang diusut oleh Polda Metro Jaya.

Dalam kesempatan itu, pengacara Firli Bahuri ini turut membantah tuduhan terkait penerimaan uang dan pertemuan kliennya. Menurut dia, itu bagian fitnah yang dilayangkan kepada kliennya

"Itu gak bener, itu gak bener sama sekali, itu fitnah," ujar dia. 

"Apalagi istilah pertemuan seolah-olah ada permufakatan jahat. Jadi waktu tanggal 2 Maret 2022 adalah bukan pertemuan tapi pak Firli didatangi oleh pak Syahrul Yasin Limpo. Kalau pertemuan seolah-olah ada setingan pemufakatan jahat antara pihak Firli dan SYL. Dan itu tidak benar tentu fitnah jadi," dia menandaskan.


Firli Bahuri Kembali Diperiksa Polisi

Beredar foto Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri bertemu dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Beredar foto Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri bertemu dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Sebelumnya diberitakan, Ketua KPK Firli Bahuri kembali memenuhi panggilan sebagai saksi kasus dugaan pemerasaan dialami mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada hari ini, Kamis (16/11/2023). Kedatangan Firli Bahuri ke Bareskrim Polri luput dari pandangan awak media.

Namun demikian kehadiran Firli dikonfirmasi Wadirtipidkor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa. Dia mengatakan, Firli Bahuri telah berada di ruangan pemeriksaan.

"Saat ini (Firli Bahuri) sudah hadir. Dalam proses dimintai keterangan di lantai 6 ruang pemeriksaan Dit tipidkor," kata dia kepada wartawan, Kamis (16/11/2023).

Terpisah, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Simanjuntak mengatakan, penyidik juga melayangkan panggilan terhadap tiga orang pegawai KPK pada hari ini. Pemerikaaan akan dilakukan di Dittipidkor Bareskrim Polri.

"Ada 3 orang saksi lainnya yang juga diperiksa hari ini di Dittipidkor Bareskrim oleh penyidik gabungan Subdit Tipidkor Krimsus PMJ dan Dittipidkor Bareskrim Polri. 3 orang pegawai KPK RI," ujar dia.

"Semua dikonsentrasikan untuk hari ini di Dittipidkor Bareskrim Polri," dia menimpali.

Infografis Rencana Pemeriksaan Ketua KPK Firli Bahuri. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Rencana Pemeriksaan Ketua KPK Firli Bahuri. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya