Tanggapi Luhut soal Menteri Mundur, Ganjar: Pak Mahfud Sudah Bicara Akan Nunggu Momentum

Ganjar menegaskan, Mahfud adalah orang yang bertanggung jawab. Terkait rencana mundur, dia mengatakan Mahfud menunggu momentum yang tepat.

oleh Tim News diperbarui 28 Jan 2024, 04:20 WIB
Diterbitkan 28 Jan 2024, 04:20 WIB
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (Dicky Agung/Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo merespons pernyataan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang mempersilakan para menteri mundur, tapi tidak kunjung mundur hingga kini.

Diketahui, beberapa menteri yang diisukan mundur adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Terbaru, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD juga berencana akan mundur.

Menanggapi hal itu, Ganjar menegaskan, Mahfud adalah orang yang bertanggung jawab. Terkait rencana mundur, dia mengatakan Mahfud menunggu momentum yang tepat.

"Pak Mahfud sudah bicara akan nunggu momentum. Pak Mahfud orang bertanggung jawab," kata Ganjar saat diwawancarai, di Lapangan Puryabaya, Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).

Tak hanya itu, Ganjar juga menekankan bahwa Mahfud merupakan salah satu menteri yang memiliki integritas tinggi. Meskipun, saat ini Mahfud menjadi salah satu kandidat di pilpres 2024.

"Anda lihat, dari sekian menteri, siapa yang punya integritas tinggi, siapa orangnya? Pak Mahfud orangnya," tutur Ganjar.

Dia pun mengaku telah berdiskusi dengan calon wakil presidennya, Mahfud, terkait rencana pengunduran diri.

Sehingga, potensi konflik kepentingan bisa diminimalisir, mengingat jabatannya sebagai menteri dan sebagai cawapres.

"Maka kemarin kami sendiri diskusi dengan Pak Mahfud agar potensi konflik bisa dieliminasi, ya mundur. Jadi jabatan apapun boleh, tapi mundur. Mundur itu saya kira jadi sangat fair karena nilai demokrasinya akan sangat terjaga. Kalau tidak, akan menyulitkan," imbuh Ganjar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Luhut soal Banyak Menteri Diisukan Mundur

Menko Luhut
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan/Istimewa.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan merespons isu beberapa menteri di Kabinet Indonesia Maju akan mundur dikaitkan dengan motif politik tertentu.

Luhut mempersilakan menteri-menteri yang ingin mundur dari kabinet. Bahkan, kata dia, ada yang sudah ditawarkan mundur, namun, tak kunjung mengundurkan diri dari kabinet.

"Silakan aja mundur, sudah ditawarin mundur, enggak mundur-mundur," kata Luhut saat ditemui di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Sementara itu, Luhut membantah isu terkait Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dikabarkan akan mengundurkan diri dari kabinet.

"Enggak ada (Sri Mulyani mundur), baik-baik saja," ujarnya.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya