Peras Pria Hidung Belang Lewat Modus Kencan Fiktif, 3 Pemuda di Jakbar Ditangkap

Kapolsek Kalideres Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Abdul Jana menjelaskan, kalau para pelaku melancarkan aksinya dengan memeras seorang pria lewat modus kencan fiktif melalui aplikasi MiChat.

oleh Tim News diperbarui 15 Mei 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2024, 04:00 WIB
Penangkapan 3 pelaku pemerasan pria hidung belang di Kalideres, Jakbar.
Penangkapan 3 pelaku pemerasan pria hidung belang di Kalideres, Jakbar. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kelakuan dari pemuda inisial VN (21), AA (26), dan MAS (20) asal Kalideres, Jakarta Barat harus berurusan dengan aparat kepolisian. Setelah kejahatan pemerasan dari ketiganya berhasil dibongkar.

Kapolsek Kalideres Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Abdul Jana menjelaskan, kalau para pelaku melancarkan aksinya dengan memeras seorang pria hidung belang lewat modus kencan fiktif melalui aplikasi MiChat.

“Para pelaku ini menggunakan aplikasi MiChat Fiktif untuk menipu dan memeras korban,” kata Abdul dalam keteranganya, Selasa (14/5/2024).

Abdul menjelaskan awalnya ketiga pelaku turut membuat akun fiktif memakai foto wanita yang diambil dari Facebook dan memasangnya di aplikasi kencan MiChat dengan nama Putri Nita, lalu diunggah untuk menarik perhatian korban.

“Mereka membuat akun palsu dengan foto dan profil seorang wanita guna mengelabui dan memikat korban,” ujar Abdul. Setelah mendapatkan tanggapan dari korban, pelaku menawarkan harga kencan awal sebesar Rp 500.000,- yang kemudian disepakati menjadi Rp 200.000, usai melalui proses tawar-menawar.

Barulah pelaku VN bersama pelaku AA berangkat dari kos mereka menuju tempat pertemuan di sebuah gang di sekitar Jalan Pete, Kalideres, Jakarta Barat, Minggu, 5 Mei 2024.

Saat korban tiba di lokasi dengan sepeda motor, pelaku AA menakut-nakuti korban dengan mengatakan bahwa wanita dalam foto tersebut adalah istrinya dan mengancam akan membawa korban ke kantor polisi.

“Untuk menghindari masalah, korban akhirnya setuju untuk berdamai dan memberikan uang sebesar Rp 500.000,- kepada pelaku AA. Selain itu, pelaku juga mengambil paksa handphone korban sebagai jaminan,” jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


HP Korban Digadaikan

Penangkapan 3 pelaku pemerasan pria hidung belang di Kalideres, Jakbar.
Penangkapan 3 pelaku pemerasan pria hidung belang di Kalideres, Jakbar. (Dok. Istimewa)

Keesokan harinya, korban tidak menemukan pelaku di tempat pertemuan dan menyadari bahwa aplikasi Shopee Pay Later miliknya telah digunakan oleh pelaku untuk membeli satu unit iPhone 11 dan dua unit Vivo Y17s.

Tidak berhenti disitu, hp korban juga dipakai untuk belanja online lalu Hp di gadaikan di INDO GADAI sebesar Rp 400.000, dengan total kerugian mencapai sekitar Rp15.200.000.

Akibat perbuatan mereka memeras korban dengan modus kencan fiktif, polisi pun berhasil menangkap VN (21), AA (26), dan MAS (20) pada Sabtu, 11 Mei 2024 sekitar pukul 03.00 WIB di kos mereka di Kampung Kosambi Baru, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

"Berdasarkan penyelidikan, diketahui bahwa para pelaku telah melakukan modus kencan melalui aplikasi MiChat palsu ini sebanyak lima kali," ujar Abdul.

 


Jerat Pasal

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 368 KUHPidana tentang Pemerasan dengan ancaman pidana 9 tahun penjara .

“Kami berharap tindakan tegas ini dapat memberikan efek jera dan memperingatkan masyarakat agar lebih waspada terhadap modus penipuan semacam ini,” tegas Abdul.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya