BPKH Gandeng BAZNAS di Program Pengembangan SDM Ekonomi Syariah MUI

BPKH, BAZNAS bersama MUI diharapkan dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam peningkatan literasi dan pengembangan SDM ekonomi syariah di Indonesia.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 28 Jul 2024, 12:27 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 12:27 WIB
BPKH menggandeng mitra Kemaslahatan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI dalam rangka menyalurkan bantuan kepada MUI.
BPKH menggandeng mitra Kemaslahatan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI dalam rangka menyalurkan bantuan kepada MUI. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggandeng mitra Kemaslahatan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI dalam rangka menyalurkan bantuan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), berupa Program Sosialisasi, Literasi, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Ekonomi Syariah.

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian acara 'Malam Puncak Tasyakur Milad Ke-49 MUI' yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat 26 Juli 2024.

Ketua BAZNAS RI Noor Achmad mengatakan, program itu merupakan kolaborasi strategis antara MUI, BPKH, dan BAZNAS dalam meningkatkan sosialisasi, literasi dan pengembangan SDM bidang ekonomi syariah untuk menguatkan kesejahteraan umat.

"Program kolaborasi ini merupakan bentuk tanggung jawab bersama BPKH, MUI dan BAZNAS dalam kontribusi ekonomi sebagai bagian dari penguatan kesejahteraan umat Islam," tutur Noor dalam siaran pers yang diterima, Minggu (28/7/2024).

Noor berharap, BPKH, BAZNAS bersama MUI dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam peningkatan literasi dan pengembangan SDM ekonomi syariah di Indonesia.

"Program sosialisasi, literasi dan pengembangan SDM bidang ekonomi syariah ini menggunakan dana program Kemaslahatan BPKH yang disalurkan melalui BAZNAS dan untuk MUI dalam bentuk program peningkatan literasi ekonomi syariah melalui berbagai macam pelatihan," sambungnya.

Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah menambahkan, pada program ini pihaknya menggandeng BAZNAS sebagai Mitra Kemaslahatan BPKH yang mana memiliki kemampuan dan semangat yang sama dalam mendorong peningkatan kualitas SDM di bidang Ekonomi Syariah.

"Kami percaya bahwa melalui program ini, kami dapat membantu menciptakan lingkungan ekonomi syariah yang lebih inklusif dan berkelanjutan. BPKH, BAZNAS, dan MUI akan selalu mendukung upaya-upaya yang memberikan manfaat nyata bagi umat," ujar Fadlul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


MUI Sampaikan Terima Kasih

BPKH menggandeng mitra Kemaslahatan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI dalam rangka menyalurkan bantuan kepada MUI.
BPKH menggandeng mitra Kemaslahatan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI dalam rangka menyalurkan bantuan kepada MUI. (Foto: Istimewa)

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum MUI Anwar Iskandar mengatakan, terima kasih kepada BAZNAS dan BPKH atas kerja sama yang terjalin.

"Semoga program yang sejalan dengan visi MUI untuk memajukan ekonomi syariah di Indonesia ini dapat berjalan maksimal dengan dukungan dari BPKH dan BAZNAS, kami yakin dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi peningkatan literasi dan pengembangan SDM ekonomi syariah di Tanah Air," ungkap Anwar.

Dalam seremoni launching kegiatan dilakukan oleh Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah bersama Ketua BAZNAS RI Noor Achmad dan Ketua Umum MUI Anwar Iskandar di hadapan Wakil Presiden Republik Indonesia sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan MUI Ma’ruf Amin.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menghadiri acara tersebut.

Program sosialisasi, literasi dan pengembangan SDM bidang ekonomi syariah yang bersembur dari Nilai Manfaat DAU, yang dikelola oleh BPKH bekerja sama dengan BAZNAS untuk Penerima MUI ini akan dikemas dalam berbagai kategori pelatihan seperti Pelatihan Muamalah Maliyah, Pelatihan Pengawas Syariah, Pelatihan Ahli Syariah Pasar Modal, Pelatihan Media Syariah, hingga Literasi Ekonomi Syariah Untuk Alumni Standarisasi MUI.

Peserta dari program ini berasal dari 55 ormas di seluruh Indonesia. Pekan awal orientasi pelatihan dilaksanakan pada hari Senin, 29 Juli 2024.

Infografis Journal_ Kerugian Ekonomi Akibat Sampah Sisa Makanan Capai Rp 500 Triliun per tahun
Infografis Journal_ Kerugian Ekonomi Akibat Sampah Sisa Makanan Capai Rp 500 Triliun per tahun (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya