Menag Sebut Retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Bentuk Shock Therapy

Menurut Nasarudddin, retreat adalah bentuk shock therapy yang penting, tidak hanya bagi anggota kabinet, tetapi juga untuk pejabat eselon di berbagai instansi.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 26 Okt 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2024, 15:00 WIB
Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar saat mengikuti Retreat Kabinet merah putih di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah.
Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar saat mengikuti Retreat Kabinet merah putih di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. (Dok. Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar menyebut retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) bermanfaat untuk melatih kekompakan dan menyatukan visi kabinet.

Menurut dia, retreat adalah bentuk shock therapy yang penting, tidak hanya bagi anggota kabinet, tetapi juga untuk pejabat eselon di berbagai instansi.

"Latihan sekarang ini saya kira bukan hanya penting untuk para kabinet tetapi juga pejabat eselon 1, pejabat eselon 2 setiap instansi, itu saya kira sangat bagus untuk melakukan hal yang sama," kata Nasaruddin Umar sebagaimana dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Sabtu (26/10/2024).

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi menekankan pentingnya kekompakan sebagai satu tim. Ia mengibaratkan kerja kabinet seperti tim sepak bola, di mana setiap anggota memiliki peran berbeda, namun bekerja sebagai satu kesatuan.

"Analoginya sebagai sebuah tim sepak bola, ada yang di depan, ada yang di belakang, ada yang di samping, tapi semua men-support sebagai satu kesatuan," ujar Prasetyo.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani hingga Menteri BUMN Erick Thohir akan memberikan materi pembekalan pada hari kedua retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/10/2024).

Selain keduanya, ada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Rachmat Pambudy, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana yang juga akan memberikan materi kepada anggota kabinet.

"Banyak sesi-sesi penting yang akan disampaikan hari ini oleh para pembicara seperti dari Menteri Keuangan, Kepala BAPENAS, Menteri BUMN, Badan Gizi, Menteri Pertanian dan lain-lain," jelas Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni kepada wartawan, Sabtu (26/10/2024).

"Seru dan bermanfaat banget acara ini," sambungnya.

 

Kembali Latihan Baris Berbaris

Para Menteri Kabinet Merah Putih saat mengikuti Retreat di Akmil, Magelang.
Para Menteri Kabinet Merah Putih saat mengikuti Retreat di Akmil, Magelang. (Dok. PCO)

Belum diketahui materi yang disampaikan oleh Sri Mulyani dan para menteri lainnya. Namun berdasarkan informasi dihimpun, ada pemberikan materi tentang hiliriasi dan B100 yang kemungkinan disampaikan Erick Thohir.

Para anggota kabinet sendiri lebih duu melakukan sesi olahraga, baris-berbaris, sera sarapan bersama. Mereka kembali memakai seragam Komponen Cadangan (Komcad) saat latihan berbaris.

"Setelah olahraga dan latihan PBB lanjut serapan," ujar Raja Juli.

Adapun Retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang memikiki tema 'Satu Visi Langsung Aksi'. Retreat yang dilakukan selama tiga hari, mulai 25-27 Oktober 2024 ini dihadiri Presiden Prabowo Subianto, Wapres Gibran Rakabuming Raka, para Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Utusan Khusus Presiden, hingga Penasihat Khusus Presiden.

Infografis Serba-Serbi Jajaran Kabinet Merah Putih Digembleng di Lembah Tidar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Serba-Serbi Jajaran Kabinet Merah Putih Digembleng di Lembah Tidar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya