[VIDEO] Ribuan Pemudik di Pantura Pemalang Terjebak Macet

Ribuan pemudik terjebak kemacetan di jalur utama pantura Pemalang hingga Pekalongan, Jawa Tengah.

oleh Liputan6 diperbarui 04 Agu 2013, 15:34 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2013, 15:34 WIB
arus-mudik-pemalang-130804b.jpg
Ribuan pemudik terjebak kemacetan di jalur utama Pantura Pemalang hingga Pekalongan, Jawa Tengah. Antrean kendaraan mengular hingga mencapai belasan kilometer. Rekayasa lalu lintas pola 3 in 1 yang diterapkan petugas tidak banyak mengurai kemacetan itu.

Ini akibat melonjaknya arus kendaraan dari arah Jakarta yang terlambat diantisipasi petugas. Dari Pantauan CCTV, seperti yang ditayangkan Liputan 6 SCTV, Minggu (4/8/2013), kemacetan diperparah banyaknya persimpangan dan penyeberang jalan.

Meski petugas memberlakukan contra flow untuk mengurai kemacetan, langkah ini tidak banyak membantu. Akhirnya petugas mengalihkan kendaraan pribadi melalui jalur alternatif. Volume kendaraan di jalur Pantura Pemalang diprediksi akan terus meningkat hingga Senin 5 Agustus.

Sementara Padalarang, pasar tumpah dan ulah angkot yang berhenti di sembarang tempat menjadi kendala dalam mengatur arus mudik di pertigaan Tagog, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Polisi Cimahi harus bekerja ekstra keras mengatur kelancaran pemudik Lebaran yang melintas di daerah tersebut. Untungnya, kemacetan hanya berlangsung beberapa jam saja karena kegiatan pasar hanya hingga pukul 10.00 WIB, sehingga siangnya arus kendaraan telah kembali lancar.

Hingga Minggu siang, arus kendaraan yang melintasi tempat ini terus meningkat, terutama pengendara sepeda motor. Diperkirakan puncak arus mudik terjadi Minggu sore hingga malam hari. (Frd/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya