[VIDEO] Bupati Purwakarta Turun Langsung Razia Malam Pelajar

Bupati Purwakarta turun tangan langsung melakukan razia pelajar yang masih keluyuran saat malam hari.

oleh Liputan6 diperbarui 26 Sep 2013, 13:12 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2013, 13:12 WIB
jam-malam-pelajar-130926b.jpg

Di Purwakarta, Jawa Barat sudah ada peraturan melarang pelajar keluar rumah pada malam hari. Bahkan Bupati Purwakarta turun tangan langsung melakukan razia pelajar yang masih keluyuran.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (26/9/2013), anak-anak yang tengah nongkrong kaget saat didatangi Satpol PP yang dipimpin langsung oleh Bupati Purwakarta. Razia ini adalah bagian dari sosialisasi surat edaran dari Dinas Pendidikan, agar pelajar berada di rumah, sehabis magrib.

"Iya kaget, lagi makan langsung ditunjuk, ditanya nama sekolah, kelas, biasanya magrib pulang, ini ada ulang tahun ya ngumpul," kata seorang pelajar bernama Jodi.

Para pelajar yang terjaring razia diberikan peringatan agar mematuhi peraturan dan belajar di rumah saat malam hari.

"Ini kan bagus untuk peningkatan disiplin. Yang pertama mereka supaya lebih dekat dengan orangtuanya, karena waktu magrib orangtua di rumah. Apalagi Purwakarta masyarakatnya industri, orangtua jarang bertemu anaknya," ujar Bupati Purwakarta Deddy Mulyadi.

Purwakarta lebih cepat menegakkan peraturan jam wajib belajar karena Jakarta baru berancang-ancang menjalankan peraturan wajib belajar yang sebenarnya sudah ada sejak 2006.

Sementara di Sukoharjo, Jawa Tengah, sejumlah tempat kos dirazia. Tujuannya untuk mengantisipasi maraknya tindak asusila di kalangan mahasiswa. Razia menyasar kepemilikan kartu identitas. (Mvi/Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya