[VIDEO] Bahas Kondisi Ekonomi, SBY Pimpin Rapat di Cipanas

Presiden SBY memanggil menteri-menteri ekonomi untuk membahas kondisi perekonomian Indonesia, khususnya menurunnya nilai tukar rupiah.

oleh Liputan6 diperbarui 03 Des 2013, 06:57 WIB
Diterbitkan 03 Des 2013, 06:57 WIB
rapat-terbatas-presiden-131203-a.jpg
Sejumlah mobil menteri bidang ekonomi telah terparkir rapi di halaman Istana Cipanas di Cianjur, Jawa Barat, Senin 2 Desember 2013. Siang kemarin mereka memang ada agenda penting dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu menghadiri rapat kabinet terbatas.

Presiden SBY secara khusus memanggil menteri-menteri ekonomi untuk membahas kondisi perekonomian Indonesia, terutama melemahnya nilai tukar rupiah yang sempat menembus Rp 12 ribu per dolar Amerika Serikat.

"Tadi telah dilaporkan kepada Bapak Presiden tentang langkah-langkah antisipasi jika tapering off jadi dilakukan oleh Bank Sentral Amerika Serikat," jelas Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (3/12/2013).

Masih terus defisitnya neraca transaksi berjalan serta rencana pemberlakuan kebijakan pengetatan likuiditas atau tapering off oleh Bank Sentral AS yang diyakini akan menyebabkan semakin menipisnya pasokan mata uang dolar AS di negara-negara berkembang termasuk Indonesia, adalah 2 penyebab melemahnya nilai tukar rupiah belakangan ini. (Ado/Tya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya