Kawasan Jakarta Night Festival Steril Pukul 16.00 WIB

"Pukul 16.00 sudah kita sterilkan. Mobil sudah tidak diperbolehkan masuk lagi. Kalaupun ada itu akan sangat selektif sekali," kata Rikwanto.

oleh Moch Harun Syah diperbarui 31 Des 2013, 06:35 WIB
Diterbitkan 31 Des 2013, 06:35 WIB
jakarta-night-festival130101a.jpg
Pergantian malam tahun baru 2014 bakal meriah. Sejumlah acara digelar di Jakarta. Salah satunya Jakarta Night Festival atau Car Free Night. Adapun, rangkaian acara tersebut mulai digelar dari Patung Kuda Monas hingga Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Dengan begitu, sepanjang jalan tersebut diprediksi mulai dipadati warga sejak pukul 16.00 WIB. Untuk itu, Polda Metro Jaya akan mensterilkan jalan tersebut dari kendaraan bermotor.

"Pukul 16.00 sudah kita sterilkan. Mobil sudah tidak diperbolehkan masuk lagi. Kalaupun ada itu akan sangat selektif sekali," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto, Senin (30/12/2013).

Rikwanto menjelaskan, dari arah Tanah Abang, Singosari, Kebon Sirih, Wahid Hasyim, kemudian jalan bawah di dekat BNI sepanjang Jalan Dukuh Bawah pukul 18.00 WIB sudah diperingatkan tidak bisa masuk lagi ke kawasan JNF.

"Pukul 16.00 kita mulai warning. Pukul 17.00-18.00 kita selektif. Paling akhir pukul 18.00-19.00 itu sudah dapat dipastikan lokasi tersebut sangat steril dari kendaraan bermotor," jelasnya.

Namun, berbeda dengan Transjakarta yang ada di wilayah JNF. TransJakarta akan tetap berjalan dan diatur secara situasional artinya diperkenankan beroperasi pada jam-jam tertentu."Untuk busway, tahap awal kita masih atur di lapangan. Artinya, busway ini kan mengangkut penumpang darimana-mana, jadi kita perkenankan pada jam-jam tertentu," ucap Rikwanto.

Rikwanto menerangkan, bagi pengguna kendaraan baik roda 2 ataupun roda 4 tak perlu khawatir dengan lahan parkir. Hal ini lantaran Polda dan Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan tempat khusus untuk parkir. Adapun kantong-kantong parkir tersebut berada di IRTI, halaman Istiqlal, Polda Metro Jaya, dan Parkir Timur Senayan.

"Kita imbau masyarakat sebelum pukul 18.00 WIB sudah masuk ke lokasi-lokasi parkir di gedung-gedung sekitar jalur yang ditutup," tandas Rikwanto. (Mvi)

Baca juga:

Jokowi: Bang Ahok Juga Duet `Begadang` dengan Bang Rhoma
Amankan JNF, 6.500 Personel Gabungan Diterjunkan
Jakarta Night Festival, Jokowi: Supaya Tak Ada Konvoi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya