[VIDEO] Abu Kelud Sampai ke Garut dan Bandung

Letusan Gunung Kelud ternyata berdampak hingga ke sejumlah wilayah di Jawa Barat. Di Garut dan Bandung, warga mulai mengenakan masker.

oleh Liputan6 diperbarui 14 Feb 2014, 19:45 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2014, 19:45 WIB
abu-kelud-140214-c.jpg
Abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud dari Kediri, Jawa Timur menyebar luas ke sejumlah daerah di pulau Jawa. Abu vulkanik bahkan menyebar hingga ke Kabupaten Garut dan Bandung, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (14/2/2014), abu vulkanik yang turun sejak pukul 9 pagi tadi terlihat menempel dan mengotori sejumlah kendaraan serta menganggu pernafasan.

Sebagian warga mulai mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan karena abu vulkanik mulai mengganggu pernafasan dan membuat jarak pandang jadi terbatas.

Di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat hujan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Kelud mulai menyebar sejak Jumat siang. Meskipun abu vulkanik yang turun tidak terlalu tebal, namun cukup menggangu pernafasan dan dapat membahayakan kesehatan warga.

Pemerintah daerah setempat pun mengeluarkan himbauan agar warga menggunakan masker jika beraktifitas di luar ruangan. Puskesmas di setiap desa pun disiagakan sebagai langkah antisipasi dampak buruk dari debu vulkanik yang menyebar. (Nfs/Ism)

Baca juga:

Gunung Kelud Meletus, Gunung Anak Krakatau Siaga II
Letusan Kelud: Bahaya yang Mengintai dari `Ring of Fire`
Abu Gunung Kelud Sampai ke Tasikmalaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya