Selain Menyegarkan, Tebu Juga Punyaa Banyak Manfaat Buat Tubuh

Oleh karena itu, minuman tebu ini adalah yang paling menyehatkan dan bergizi sehingga baik dikonsumsi.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Agu 2021, 08:00 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi Air Tebu, Tebu, Batang Tebu (iStockphoto)
Tahukah Anda, selain menyegarkan, segelas air tebu dapat menurunkan berat badan? (Ilustrasi/iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Tebu adalah salah satu tumbuhan yang batangnya bisa dimanfaatkan. Entah untuk dimakan langsung atau diolah terlebih dulu. Jika diolah terlebih dulu, biasanya tebu bisa dijadikan sebagai minuman. Salah satunya adalah jus tebu yang ternyata memiliki banyak manfaat.

Air tebu mengandung nol lemak, kolesterol, serat, dan protein. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh HealthifyMe, 240ml tebu atau setara dengan 8 ons tanpa aditif tambahan mengandung 250 kalori dan 30gm gula alami. Oleh karena itu, minuman tebu ini adalah yang paling menyehatkan dan bergizi sehingga baik dikonsumsi.

Bahkan selain itu, dikutip dari laman India.com, Kamis (19/08/2021), ada beberapa manfaat lain yang didapatkan dari air tebu. Manfaatnya antara lain sebagai berikut.

1. Sumber energi

Tebu juga berperan sebagai sumber energi untuk tubuh. Tak hanya itu, tebu juga ternyata dapat mencegah seseorang dehidrasi. Selain itu, air tebu juga dinilai mampu meningkatkan kembali kadar gula dalam tubuh.

2. Meningkatkan fungsi hati dan membantu menjaga kesehatan ginjal

Tebu yang diolah menjadi minuman adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Air tebu ini pula yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi seseorang. Bahkan air tebu juga dipercaya mampu mengobati penyakit yang berhubungan dengan hati, seperti penyakit kuning.

Di samping itu, juga tebu juga mampu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan membantu menjaga ginjal. Tebu secara alami rendah kolesterol dan natrium dalam makanan bersama tanpa lemak jenuh.

3. Membantu melawan kanker

Ternyata air tebu juga dapat membantu pasien kanker melawan penyakitnya. Sebab, tebu kaya akan kalsium, magnesium, kalium, besi, dan mangan. Semua itu bersifat basa.

Dengan bantuan kandungan tersebut, tebu dapat membantu seseorang memerangi sel-sel kanker. Jus tebu begitu berguna untuk penderita kanker, salah satunya kanker prostat dan payudara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Membantu mengurangi jerawat, bau mulut, dan gigi berlubang

Percaya tidak percaya, air tebu juga merupakan sumber terbaik untuk mengurangi segala permasalahan kulit. Hal ini dikarenakan, tebu mengandung tinggi asam, seperti glikolat, alfa-hidroksi (AHA) yang dianggap mampu meningkatkan produksi sel.

Selain itu, kandungan tersebut juga dipercaya mampu membantu pengelupasan kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

Di samping itu, kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor di dalam tebu, juga dipercaya mampu memperkuat gigi. Bahkan bau mulut pun dapat diatasi dengan tebu ini. Sebab, tebu dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan sehingga mampu mengurangi bau mulut.

5. Membantu sistem pencernaan

Selain kaya akan mineral, air tebu juga mengandung potasium yang dapat menyeimbangkan pH di dalam perut. Seseorang yang sedang mengalami gangguan pencernaan, bisa coba mengonsumsi minuman tebu ini karena dapat membantu proses sekresi. Bahkan kandungan vitamin dan mineral dari tebu ini, juga dapat mencegah infeksi pencernaan..

Jika dikonsumsi dalam bentuk yang cair, dapat mengurangi rasa panas yang disebabkan oleh beberapa penyakit menular, seperti seksual, batu ginjal, infeksi saluran kemih, prostatitis, dan lain-lain.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya