Sisir Alam Sumatera, Seberapa Hebat Mitsubishi Delica?

Lewat sebuah acara Media Test bertajuk "Delica's Sumatera Adventure, ‎Liputan6.com pun turut menjajal ketangguhan Mitsubishi Delica.

oleh Gesit Prayogi diperbarui 15 Okt 2014, 08:12 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2014, 08:12 WIB
Delica
Lewat sebuah acara Media Test bertajuk "Delica's Sumatera Adventure, ‎Liputan6.com pun turut menjajal ketangguhan Mitsubishi Delica.

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi Delica menjadi salah satu primadona di gelaran IIMS 2014, lalu. Betapa tidak, mobil yang masuk di kelas MPV High ini hadir dengan kemampuan off-road, yang menjanjikannya mampu melahap berbagai medan jalan.

Lewat sebuah acara Media Test bertajuk "Delica's Sumatera Adventure, ‎Liputan6.com pun turut menjajal ketangguhan mobil Sport Utility MPV ini.



Melahap rute sejauh sekira 377 kilometer, perjalanan dimulai dengan rute awal, Bandara Minangkabau menuju pusat wisata Jam Gadang di Bukittinggi.



Duduk langsung di belakang setir, Liputan6.com merasakan kenyamanan yang disuguhkan Mitsubishi Delica. Jarak pandang dengan jalan sangat lega. Meskipun, ukuran pilar A yang cukup tebal sedikit menggangu visibilitas.

Mengusung dimensi panjang 4.730 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1,850 mm. Sementara untuk wheelbase, pesaing Nissan Serena ini memiliki panjang 2.850 mm serta ground clearance 190 mm.

Tak ayal, ruang kaki bagi pengemudi sangat leluasa. Kursi duduk yang bisa diatur dan penambahan hand rest pada kursi meningkatkan kenyaman.

Berbeda dengan kompetitornya, Delica tidak menggunakan tuas rem tangan. Hanya saja, pabrikan menggunakan sebuah pedal yang berada di bagian paling kanan. Apabila pedal ditekan, maka otomatis gerak roda terkunci dan sebaliknya.



Setelah melakukan sedikit penyesuaian, perjalanan pun dimulai bersama dengan lima unit Delica dan sejumlah mobil pendukung, juga pengawalan kepolisian.

Selepas dari bandara, Liputan6.com memilih mode transmisi D untuk melahap medan jalan perkotaan. Performa mesin cukup halus. Meski begitu, topangan mesin 2,0 liter memberikan tenaga yang cukup dan memuaskan.

Memasuki medan jalan menanjak tepatnya di daerah Sitinjau, opsi transmisi dipindah ke model DS. Raungan mesin pun terdengar lebih galak. Transmisi ini sangat membatu ketika pengemudi memerlukan tenaga yang spontan dan agresif kala harus melalui medan tanjakan serta turunan dengan kombinasi kelokan.



Satu demi satu kelokan dan tanjakan bisa dilalui tanpa hambatan. Bahkan ketika kemiringan jalan hingga 90 derajat, Delica bisa berlari lincah. Dukungan sistem ABS yang turut dibekali memberikan kenyamanan tersediri ketika harus melakukan pengereman mendadak.

Fitur Active Stability Control, Approach & Departure Angle, Long Stroke Suspension, dan Ground Clearance yang tinggi sangat membatu kelincahan Delica ketika menempuh medan yang didominasi tanjakan. Mobil ini pun turut dilengkapi dengan Hill Start Assist yang akan menahan kendaraan tidak mundur ketika berhenti di tanjakan.

Adapula fitur Auto Stop & Go, Cruise Control, dan Paddle Shifter yang bisa dimanfaatkan bagi Anda yang ingin merasakan berkendara laiknya mobil sport. Untuk mengaktifkannya cukup memainkan tuas (+) yang berada di sebelah kanan dan untuk kembali ke mode otomatis, tekan (+) selama 2 hingga 3 detik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Next

Delica
Lewat sebuah acara Media Test bertajuk "Delica's Sumatera Adventure, ‎Liputan6.com pun turut menjajal ketangguhan Mitsubishi Delica.

Tak cuma merasakan menjadi pengemudi, perjalanan dari Minangkabau ke Bukittinggi, hingga ke Pekanbaru, Liputan6.com juga mencoba bagaimana kenyamanan ketika duduk di kursi baris kedua dan ketiga.



Ketika duduk di baris kedua, kesan nyaman begitu terasa. Posisi kursi bisa disesuaikan, untuk ruang kaki bisa diatur dan terbukti sangat nyaman. Terdapat pula hand rest di bagian kanan dan kiri kursi yang bisa dimanfaatkan. Menariknya, ketika kursi digeser mentok ke belakang, tidak mengganggu ruang kaki pada penumpang dibaris ketiga.



Tak kalah dengan kursi baris pertama, di baris kedua juga memiliki sejumlah fitur pendukung seperti cup holder di bagian pintu, pegangan tangan.

Sedangkan pada baris ketiga, Liputan6.com merasa tak senyaman ketika duduk di baris kedua, terlebih dengan orang berpostur tinggi. Hanya saja, kursi pada baris ketiga ini bisa disesuaikan untuk menaruh barang bawaan. Tak cuma itu seluru kursi pun bisa diatur untuk memaksimalkan ruang kompartemen. 



Secara keseluruhan, suspensi Delica terbukti nyaman melaju di segala medan. Meskipun menerabas jalanan dengan kondisi yang tidak mulus, getaran tidak terlalu terasa. Kemudian ruang kabin juga cukup kedap. Hal ini terbukti ketika hujan lebat saat Liputan6.com memasuki Pekanbaru.


Kesimpulan

Delica (kurang foto interior)
Lewat sebuah acara Media Test bertajuk "Delica's Sumatera Adventure, ‎Liputan6.com pun turut menjajal ketangguhan Mitsubishi Delica.

Ground clearance tinggi yang ditopang mesin SOHC MIVEC 2,0 liter dengan output 150 PS pada 6.000 rpm turut diperkuat teknologi ASC, ADA, RBF, LSS, dan HGC untuk memberikan kemampuan, kenyamanan, dan stabilitas ketiga digunakan bepergian di kondisi perkotaan maupun kontur jalan menanjak. Menyoal efisiensi, Mitshubisi Delica menghabiskan bensin dengan perbandingan 1:9. (Gst/Des)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya