Ramaikan Pasar Motor Listrik Indonesia, Saige Isi Segmen Entry Level

Pasar motor listrik Tanah Air kian ramai dengan kehadiran Saige. Merek motor asal Tiongkok itu akan menyasar segmen entry level.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Mei 2023, 09:12 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2023, 09:12 WIB
Saige
Lini produk motor listrik Saige yang bakal dipasarkan di Indonesia. (Oto.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pasar motor listrik Tanah Air kian ramai dengan kehadiran Saige. Merek motor asal Tiongkok itu akan menyasar segmen entry level.

Tampil di PEVS 2023, Saige memboyong dua model motor listrik meski belum memasarkan secara resmi. Model Power Bull direncanakan segera mengaspal dalam waktu dekat. Ragam e-bike dan sepeda listrik juga bakal dipasarkan dalam banderol terjangkau.

Saige Power Bull akan menjadi sepeda motor listrik paling bertenaga dengan harga terjangkau. Kabarnya, akan menggendong baterai berkapasitas 72v 2000 watt dengan total jarak tempuh sekitar 75 km sekali pengisian penuh.

“Pada momen PEVS 2023 ini kami memanfaatkannya untuk mengenalkan brand kami yang telah resmi beroperasi di Indonesia. Sementara untuk produk, kami telah menyiapkan satu model sepeda motor yakni Power Bull dengan spesifikasi yang akan disesuaikan untuk konsumen di Indonesia. Kami telah memasuki tahap studi akhir untuk produk kami, jika tidak ada halangan Power Bull akan dirilis pada 2-3 bulan ke depan,”kata Okta Pramudya, COO Saige Indonesia.

Saige Indonesia mengumumkan harga perkiraan Power Bull sekitar Rp11 juta off the road. Sedangkan untuk harga on the road, pihak pabrikan memperkirakan hanya naik sekitar Rp1 juta - Rp2 juta.

Meski demikian, produk yang dipasarkan oleh Saige Indonesia belum mendapatkan subsidi dari pemerintah karena belum memenuhi syarat TKDN 40 persen.

“Kami saat ini sudah memiliki pabrik di Karawang untuk fasilitas perakitan dan ke depannya kami akan menggunakan konten lokal sesuai dengan anjuran dari Pemerintah Indonesia,” tambah, Pram.

Pihak perusahaan menyatakan telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mewujudkan produksi kendaraan dengan konten lokal yang sesuai standar.

Ke depannya, Saige Indonesia juga memastikan akan menghadirkan beberapa sepeda motor listrik lainnya dengan beragam pilihan dan spesifikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Asal Usul Saige

Saige adalah brand asal Tiongkok. Di sana merupakan salah satu brand besar dengan penjualan belasan juta unit dalam setahun.

Kesuksesan tersebut memberikan rasa optimistis produk Saige bisa menjadi pilihan baru dengan harga yang kompetitif serta spesifikasi yang berkualitas.

“Kami juga punya produk dengan spesifikasi yang lebih tinggi lagi salah satunya menggunakan baterai LFP dan mampu menjelajah sejauh 200 km dengan sekali pengisian penuh,” tegas Pram.

Meski demikian, Pram memastikan saat ini Saige masih fokus pada pengembangan kendaraan yang cocok untuk di Indonesia khususnya di segmen entry level.

Selain produk, Saige juga fokus dalam pengembangan jaringan diler dan layanan aftersales di sejumlah kota di Indonesia.

Sumber: Oto.com

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya