Wuling Berbagi Mesin dan Modul Pembelajaran untuk Pendidikan Vokasi

Wuling Motors (Wuling) melalui program Wuling Bakti Pendidikan mendonasikan 240 mesin kepada sekolah kejuruan dan universitas di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta Jawa Tengah.

oleh Tim Otomotif diperbarui 02 Jul 2024, 12:08 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2024, 12:08 WIB
Wuling
Wuling mendonasikan 240 unit mesin kepada sekolah kejuruan dan universitas di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta Jawa Tengah. (Wuling Motors)

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Motors (Wuling) melalui program Wuling Bakti Pendidikan mendonasikan 240 mesin kepada sekolah kejuruan dan universitas di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta Jawa Tengah.

Inisiatif rutin dari Wuling Motors ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dan pendidik dalam teknologi mesin terkini yang digunakan pada kendaraan.

Wuling menyerahkan 120 mesin pembakaran internal (ICE) ke 98 sekolah kejuruan dan 2 universitas di Jawa Tengah, serta 120 unit mesin lainnya ke 69 sekolah kejuruan dan 4 universitas di Yogyakarta. Wuling Motors juga menyediakan modul pembelajaran dan manual servis sebagai panduan bagi peserta didik.

"Kami berharap program ini dapat memperkuat kapasitas institusi pendidikan dalam menyediakan pendidikan dan pelatihan teknis yang berkualitas. Selain itu, kami harap kolaborasi ini memberikan manfaat yang besar dan berkelanjutan bagi dunia pendidikan vokasi di Indonesia untuk masa depan yang lebih baik, sejalan dengan semangat ‘Drive for A Better Life’,” kata Arif Pramadana selaku Vice President Wuling Motors dalam keterangan resmi (28/6/2024).

Setiap unit mesin yang diberikan kepada sekolah berfungsi sebagai alat praktik bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam membongkar dan merakit kembali komponen-komponen mesin.

Sebagai tambahan pada teori dan sebagai panduan, Wuling juga menyediakan manual servis dan modul pembelajaran dalam bentuk buku kurikulum yang dirancang untuk membantu siswa memahami semua komponen utama dan fungsi mesin yang digunakan.

“Wuling telah membuat progres yang signifikan di daerah ini, membawa dunia vokasi ke arah yang lebih maju. Kerjasama dengan industri adalah sebuah keniscayaan dalam revitalisasi pendidikan vokasi. Tanpa melibatkan industri, pendidikan vokasi tidak akan efektif. Link and match antara industri dan vokasi sangat penting, dan industri harus menjadi partner dalam memajukan dunia vokasi, terutama di Jawa Tengah. Dengan bersinergi, Wuling dan SMK di Jawa Tengah akan semakin maju," kata Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Ainun Rojik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Program Wuling Bakti Pendidikan adalah inisiatif dari Wuling yang dimulai pada tahun 2021, berkolaborasi dengan SMK Taruna Bangsa - Pati, SMK Muhammadiyah Imogiri, dan SMK Negeri 1 Singosari.

Pada  2022, Wuling mengembangkan inisiatif ini melalui kerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Program ini fokus pada kontribusi terhadap pendidikan di Indonesia, bertujuan mendukung dan meningkatkan kualitas pendidikan serta peserta didik melalui penyediaan fasilitas pendidikan, pelatihan, dan dukungan lainnya.

Sumber: Oto.com

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya