Inikah Mobil-Mobil MPV Pilihan Anda?

Sebagian masyarakat Indonesia merindukan kendaraan pribadi bagi keluarga yang aman, nyaman, dan luas serba guna. Pilihannya, mobil MPV.

oleh Vincent Hakim Roosadhy diperbarui 29 Jan 2014, 19:20 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2014, 19:20 WIB
mpv-mobil-140129b.jpg
Masyarakat Indonesia kini sedang menggandrungi mobil yang dapat mengangkut seluruh anggota keluarga. Dengan kata lain, keluarga-keluarga di Tanah Air membutuhkan family car yang aman, nyaman, dan luas.

Pilihan itu ada pada mobil jenis MPV atau Multi-Purpose Vehicle yang serba guna. Pasaran mobil bergenre MPV ini memang luar biasa. Sejak Januari hingga menjelang akhir tahun 2013 lalu, menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencapai 1.132.130 unit. Dari jumlah tersebut yang masuk dalam segmen low MPV ada 30,2 persenan atau sekitar 351.874 unit.

Gaikindo memperkirakan prosentase jumlah penjualan akan terus meningkat di tahun 2014 ini. Inilah mobil-mobil MPV yang bakal mulai beredar di pasaran pada tahun ini.


datsun-go-140129b.jpg

1. [OTO-News] Datsun Tawarkan MPV Termurah

Adakah mobil MPV murah sebagai kendaraan keluarga? Ada. Datsun GO+ bisa jadi bakal menjadi MPV family car dengan kapasitas 7 penumpang termurah pertama di Indonesia. Bagaimana tidak murah, harganya akan dipatok di bawah Rp 100 jutaan.

Datsun GO+ bermesin 1.2-liter mempunyai sumbu roda 2.450mm sama dengan GO hatchback. Mobil ini memiliki panjang 3.995mm untuk mengakomodasi jok baris ketiga. Jika diamati, tampak Datsun GO+ lebih enak dilihat dibanding mobil sejenis yang menjadi kompetitornya yang berkelas lebih mewah.  

Kini yang menjadi pesaing kuat Datsun GO+ tak lain adalah Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Mobil Datsun GO+ akan dijual pada semester II.


honda-mobilio-140129b.jpg

2. [OTO-News] Honda Mobilio sang Primadona

Sepanjang 2013 produk Honda Mobilio banyak dibicarakan orang di pasaran otomotif Tanah Air. Mobil bergenre MPV ini berbasis pada Honda Brio yang mungil. Kelahiran Mobilio yang dibekali dengan mesin 1.5-liter jelas lebih bertenaga dibanding Brio yang hanya bermesin 1.2-liter itu.

Suara mesin dengan transmisi CVT pada mobil ini cukup terasa d dalam kabin. Sementara kemudinya yang menggunakan sistem power steering elektris lebih terasa ringan. Sebagai mobil berpenumpang maksimal 7 orang, MPV ini dibekali dengan sistem suspensi MacPherson Struts di bagian depan dan torsion beam di belakang.

Posisi ground clearance yang mencapai 185mm mampu mengeliminasi kemungkinan terjadi limbung dalam kecepatan tertentu dengan sempurna.

Di pasaran Mobilio menghadapi pesaing seperti Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia. Mobil Honda Mobilio mulai dijual di pasaran pada semester I.


honda-oddysey-140129b.jpg

3. [OTO-News] Honda Odyssey Tampil Sebagai MPV 'Berkelas'

Penampilan mobil MPV yang satu ini memang terlihat keren dan 'berkelas'. Performa Honda Odyssey yang tampak elegan ini dibarengi dengan kenyamanan pengemudi dan penumpang selama berada di dalamnya.

Honda Odyssey menggunakam mesin 2.4-liter i-VTEC empat silinder yang memproduksi tenaga 173 hp pada 6.200 rpm. Transmisinya otomatis dengan tujuh percepatan.

Odyssey hadir dengan atap yang tinggi serta lantai yang rendah untuk menciptakan interior luas. Fitur yang menarik dari Odyssey adalah sliding door, AC double blower, head unit dengan sistem layar sentuh. Odyssey sudah mulai diluncurkan pada bulan Januari 2014.

Penampilan Honda Odyssey yang tampak elegan ini sepertinya hanya pantas disaingi oleh Nissan Serena dan Toyota NAV1.


hyundai-nd7-140129b.jpg

4. [OTO-News] MPV Hyundai Pun Ditunggu Pasar

Produsen mobil-mobil MPV seperti Suzuki Ertiga, Toyota Innova, Honda Mobilio, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia harus bersiap-siap menghadapi kehadiran pesaing baru mereka di tahun 2014 ini. Produsen Hyundai yang agak lama seperti berhenti memproduksi mobil bergenre MPV, sepertinya bakal terbangun dari tidurnya.

Beberapa waktu lalu, Hyundai dikenal dengan produk mobil MPV H1. Setelah itu mereka bermain di mobil-mobil bergenre SUV atau Sport Utility Vehicle. Namun jika melihat animo pasar yang begitu luar biasa, kemungkinan besar pabrikan mobil yang berpusat di Korea  Selatan tersebut bakal segera 'turun gunung' ikut meramaikan dunia otomotif mobil MPV di akhir tahun ini. Menurut autocarindonesia.com, MPV Hyundai yang bakal muncul nanti berbasis pada Hexa Space Concept (HND-7) dengan mesin 1.6-liter bensin dan 1.4-liter diesel yang pasti menarik.
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya