Angka Golput 5 Kabupaten di Sulsel Ini Diprediksi Tinggi

Kondisi itu kata Direktur IPI Suwadi Idris, salah satunya karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh KPU

oleh Eka Hakim diperbarui 08 Des 2015, 06:21 WIB
Diterbitkan 08 Des 2015, 06:21 WIB
[Bintang] GOLPUT
Ilustrasi Golput | Via: facebook.com/maharani-ardini

Liputan6.com, Makassar - Ada 5 kabupaten di Sulawesi Selatan yang diprediksi memiliki angka golput tinggi pada pemilihan kepala daerah 9 Desember 2015. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dari Indeks Politica Indonesia (IPI) yang dirilis pada Senin 7 Desember 2015.

Direktur IPI Suwadi Idris Amir mengungkapkan kelima kabupaten di Sulsel yang memiliki angka golput tinggi adalah Kabupaten Soppeng, Luwu Utara (Lutra), Toraja Utara (Torut), Bulukumba dan Kepulauan Selayar.

"Data riset terakhir, daerah yang potensi golput atau diragukan datang ke TPS cukup besar karena swing votersnya masih di atas 20 persen," ucap Suwadi.

Kondisi itu, kata dia, salah satunya karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah.

"Hal itu dikarenakan banyaknya kesibukan tambahan KPUD seperti urus atribut dan keperluan kandidat yang membuat KPUD kerepotan dan berefek pada kurang maksimalnya sosialisasi ke masyarakat," ujar Suwandi.

Pada 9 Desember, pilkada serentak di Sulawesi Selatan Barat akan dilaksanakan di 15 kabupaten/kota. Terdiri dari 11 kabupaten di Sulawesi Selatan dan 4 kabupaten di Sulawesi Barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya