4 Pasangan Calon Independen Resmi Daftar Pilkada Bengkulu Tengah

Setelah diverifikasi bahwa jumlah dukungannya yang diserahkan memenuhi syarat minimal, maka akan dilanjutkan ke tahap administrasi.

oleh Yuliardi Hardjo Putro diperbarui 11 Agu 2016, 12:09 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2016, 12:09 WIB
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Liputan6.com, Bengkulu - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu secara resmi menutup tahapan penyerahan dukungan calon independen yang akan bertarung dalam Pilkada 2017. Ada empat pasangan yang mendaftar lewat jalur perseorangan.

Ketua KPUD Bengkulu Tengah Asmara Wijaya mengatakan, tahapan penyerahan dukungan sudah ditutup pada Rabu 10 Agustus 2016 pukul 16.00 WIB. Empat pasangan calon perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan dan memenuhi syarat minimal dukungan yaitu 7.894 KTP.

"Verifikasi awal, syarat dukungan yang kami terima, langsung cross check kesesuaiannya dengan data dukungan yang diserahkan calon dan diunggah ke Sistem Informasi Calon sesuai dengan fotokopi KTP yang diserahkan," kata Asmara di Bengkulu, Kamis (11/8/2016).

Pasangan calon perseorangan pilkada yang telah menyerahkan syarat dukungan yakni, Arsyad Hamzah-Medio Sulistio yang menyerahkan syarat dukungan pada Senin, 7 Agustus 2016 dengan jumlah dukungan sebanyak 8.137 KTP.

Pasangan Arsyad Hamzah dan Medio Yulistio mendaftarkan diri ke KPUD Bengkulu Tengah, Senin (8/8/2016). (Yuliardi Hardjo Putra)

Selanjutnya, pada Rabu 10 Agustus 2016 pagi, pasangan calon perseorangan Medi Hasfery-Irman Jaya menjadi pasangan calon kedua yang menyerahkan syarat dukungan dengan jumlah KTP sebanyak 9.559 KTP.

Siang harinya, pasangan calon Muhammad Sabri-Laina Naini menjadi pasangan calon perseorangan ketiga yang menyerahkan syarat dukungan dengan jumlah dukungan sebanyak 8.695 KTP. Sabri sendiri merupakan bakal calon incumbent atau petahana. Saat ini dia masih menduduki jabatan sebagai wakil bupati aktif.

Kemudian, pada sore harinya, pasangan calon Hendri Kustomo-Ismail Bakaria menjadi pasangan calon perseorangan terakhir yang menyerahkan syarat dukungan dengan jumlah dukungan sebanyak 8.160.

Asmara menerangkan, tiga pasangan calon perseorangan telah dilakukan verifikasi hard copy KTP yang diserahkan sesuai dengan soft copy dan telah diunggah di sistem informasi pencalonan (silon) KPU.

"Sementara, pasangan terakhir yakni Hendri Kustomo-Ismail Bakaria, karena menyerahkan syarat dukungan dekat dengan waktu penutupan penyerahan dukungan, saat ini masih kami lakukan verifikasi," kata dia.

Sedangkan terhadap 4 pasangan calon perseorangan tersebut, setelah diverifikasi bahwa jumlah dukungannya yang diserahkan memenuhi syarat minimal, akan dilanjutkan ke tahap penelitian administrasi dan faktual dukungan calon perseorangan di tingkat kelurahan.

Ketua tim pemenangan pasangan M Sabri-Liana Naini, Harius Eko Saputra, mengatakan saat ini pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada KPUD untuk mengambil sikap. Sebab diperkirakan ada beberapa dukungan yang dimungkinkan terjadi dukungan ganda.

"Kami berharap vaktualusasi data itu mengedepankan asas keterbukaan dan objektifitas," terang Harius.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya