Punya Hubungan Dekat dengan Struktural PBNU, Erick Thohir Populer di Kalangan Warga Nahdliyin

Peneliti Senior Surabaya Survei Center (SSC) Surokim Abdussalam menyatakan, Erick Thohir memiliki hubungan dekat dengan struktural PBNU. Hal ini membuat Eks Presiden Inter Milan tersebut semakin dikenal luas oleh nahdliyin sebagai tokoh pemimpin yang juga datang dari kalangan NU.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 12 Jun 2023, 19:30 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2023, 19:23 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir di acara puncak Harlah ke-99 NU di Ponpes Syaichona Moh Cholil, Bangkalan, Jawa Timur. (Dok BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir di acara puncak Harlah ke-99 NU di Ponpes Syaichona Moh Cholil, Bangkalan, Jawa Timur. (Dok BUMN)

 

Liputan6.com, Jakarta Peneliti Senior Surabaya Survei Center (SSC) Surokim Abdussalam menyatakan, Erick Thohir memiliki hubungan dekat dengan struktural PBNU. Hal ini membuat Eks Presiden Inter Milan tersebut semakin dikenal luas oleh nahdliyin sebagai tokoh pemimpin yang juga datang dari kalangan NU.

“Karena hubungan Erick Thohir cukup baik dengan struktural Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), menurut saya membuat masyarakat NU mengenal beliau,” kata Surokim yang juga Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura, Senin (12/6/2023).

Kedekatan Erick Thohir dengan organisasi Islam terbesar di Tanah Air tersebut memang bukan isapan jempol belaka. Di acara Harlah ke-100 NU, Erick Thohir didapuk menjadi Ketua Steering Committee (SC) Panitia di Sidoarjo, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Erick Thohir juga berkontribusi dalam upaya PBNU mendirikan 250 Badan Usaha Milik NU (BUMNU). Eks Presiden Inter Milan ini menjadi jembatan penghubung untuk PBNU dengan berbagai pihak untuk mendirikan BUMNU di seluruh wilayah Indonesia.

Karenanya, Surokim melihat Erick Thohir sebagai salah satu cawapres 2024 yang datang dari kalangan nahdliyin. Hal ini juga turut dibenarkan oleh Peneliti dari Surabaya Research Syndicate (SRS) Fishya Amina Elvin yang menyatakan di Jawa Timur, khususnya NU, nama Erick Thohir populer di kalangan warga Nahdliyin.

Pendekatan Erick Thohir secara kultural dan struktural di tengah warga nahdliyin berdasarkan hasil survei yang digelar oleh SRS dinilai berhasil. Berkaca dari hasil survei Erick Thohir saat ini sebagai cawapres yang menempati posisi tertinggi dalam bursa Pilpres 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peringkat Pertama Sosok Cawapres Potensial

Presiden Jokowi Bersama Iriana Hadiri 1 Abad NU di Sidoarjo
Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri puncak acara satu abad Nahdlatul Ulama (NU) di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Dalam acara tersebut Erick adalah Ketua Panitia Peringatan Harlah 1 Abad NU. (Biro Pers Istana Kepresidenan/Agus Suparto)

Bahkan Erick Thohir dinilai cocok untuk mendampingi capres pilihan warga NU di Jatim yakni Prabowo Subianto. Seperti diketahui, dari survei yang telah dikeluarkan oleh SRS, Minggu (4/6/2023), nama Erick Thohir sukses bertengger di peringkat pertama sebagai sosok cawapres potensial.

Erick Thohir sukses meraup angka elektabilitas 18,2, tertinggi dibandingkan kandidat lainnya yakni Mahfud MD, Khofifah Indar Parawansa dan Muhaimin Iskandar.

“Itu menjelaskan kemunculan-kemunculan beliau di acara NU sebagai pendekatan kepada nahdliyin dan Erick Thohir dinilai cocok mendamping capres pilihan warga NU di Jatim yakni Prabowo Subianto,” terang Fishya.

Infografis Peluang Usung Ganjar Pranowo-Erick Thohir, Respons Internal PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Peluang Usung Ganjar Pranowo-Erick Thohir, Respons Internal PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya