Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Md Daftar Jadi Capres-Cawapres, Hari Ini Kamis 19 Oktober

Pendaftaran capres-cawapres Pilpres 2024 dimulai pada hari ini, Kamis 19 Oktober 2023. Pada hari pertama pendaftaran, dua pasang bakal capres-cawapres akan mendaftar.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Okt 2023, 03:38 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2023, 03:38 WIB
Dua pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan-Cak Imin, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md
Dua pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan-Cak Imin, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas/Dok PDIP/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran capres-cawapres Pilpres 2024 dimulai pada hari ini, Kamis 19 Oktober 2023. Pada hari pertama pendaftaran capres-cawapres, dua pasangan akan mendaftar.

Kedua pasangan itu adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md (Ganjar-Mahfud). 

"Iya (hari pertama dua paslon), tapi itu sudah disuratkan resmi kepada KPU atau belum kita cek dulu ya," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari, Rabu 18 Oktober 2023.

Menurut dia, belum ada surat atau pemberitahuan dari pihak bacapres Prabowo Subianto, kapan akan mendaftar ke KPU. 

"Belum ada (surat kapan mendaftar). Sampai saat ini saya bicara belum ada informasi," kata Hasyim.

Sebelumnya, Komisioner Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik memastikan, pembukaan pendafaran calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 akan dilangsungkan besok, Kamis 19 Oktober 2023.

Menurut laporan resmi yang sudah masuk ke KPU, sudah ada dua pasangan calon yang akan mendaftarkan diri pada hari pertama pembukaan.

"Ya, pertama pasangan calon yang diusung oleh partai atau gabungan Partai NasDem, PKB, & PKS di jam 08:00 WIB. Kedua, ada PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, & Partai Perindo di jam 11.00 WIB," kata Idham melalui pesan singkat diterima, Rabu (18/10).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ganjar-Mahfud

PDIP bersama koalisi mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Menurut Idham, surat dari koalisi atau gabungan parpol PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo sudah diterima.

Mereka menyampaikan surat pemberitahuan rencana pendafatran bakal pasangan capres-cawapres ke KPU yang akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 jam 11.00 WIB.

"Jadi dengan demikian di 19 Oktober 2023 ada dua gabungan parpol telah memberitahukan rencana pendaftaran bapaslon presiden-wakil presidennya," turur Idham.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Infografis Jokowi Izinkan Menteri Maju Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi Izinkan Menteri Maju Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya