Tengok Vila Keren Bergaya Bali Rancangan David Bowie

Tahukah Anda jika Bowie punya ikatan kuat dengan budaya Indonesia, salah satunya adalah rumah bergaya Bali dan Joglo ini

oleh Isnaini Khoirunisa diperbarui 13 Jan 2016, 18:01 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2016, 18:01 WIB
Rumah.com Intip Vila Bergaya Bali Rancangan Mendiang David Bowie
Tahukah Anda jika Bowie punya ikatan kuat dengan budaya Indonesia, salah satunya adalah rumah bergaya Bali dan Joglo ini

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda bermimpi memiliki vila mewah di sebuah pulau terpencil yang indah? Ya, mungkin rumah mendiang bintang rock David Bowie bisa menjadi inspirasi Anda. Bowie memiliki sebuah vila bernama Mandalay di Mustique, Karibia, dengan arsitektur Jawa dan Bali yang kental.

Mulai dari bentuk atapnya yang serupa Joglo (rumah adat masyarakat Jawa), hingga perabotan di dalamnya. Vila yang dibangun 1989 tersebut dijual Bowie kepada seorang milioner Felix Dennis dengan harga US$ 5 juta ( Rp 69 miliar) pada 1995.

Awalnya, pulau terpencil ini dimiliki oleh bangsawan Inggris Lorn Glenconner dengan harga jual 45.000 poundsterling di 1958 seperti dikutip Rumah.com dari Telegraph.co.uk.

Felix Dennis, milioner pembeli rumah David Bowie

Setelah itu, banyak selebriti yang tertarik untuk tinggal di pulau ini, mulai dari Ratu Margaret, Mick Jagger, Jeremy Clarkson dan terakhir Duke dan Dutchess of Cambridge serta anak bayi mereka George.

Total terdapat 80 residensial di Mustique. Bagi Anda yang menyukai keheningan, biaya sewa properti di sana bisa mencapai US$ 75.000 untuk satu minggu.

Bowie memang dikenal memiliki keterikatan yang kuat dengan Indonesia. “Saya ingin memiliki hunian yang tidak terlihat seperti rumah Karibia,” kata Bowie ketika menjelaskan rumah bergaya Indonesia miliknya.

“Ini adalah keinginan yang dipersonifikasikan. Saya menyukai hal klise yang menyenangkan. Anda harus menyadari bahwa Mustique adalah sebuah pulau fantasi,"  tambahnya.

Sepertinya hunian ini memang sangat cocok bagi mereka bintang film, musisi rock untuk menghabiskan waktu tanpa harus khawatir akan teror dari pemotret paparazzi.

Bagian paling menarik dari Mandalay adalah model interiornya. Sebut saja ruang kartu yang dihiasi dengan cangkang kerang, sebuah studio musik yang di dekorasi oleh langit-langit bambu, ditambah panggung untuk menciptakan pertunjukan musik. Beranda rumah menghadap ke barat agar penghuni bisa dengan bebas menyaksikan irama matahari terbenam di Mustique.

Selain itu, keunikan rumah ini juga terlihat dari banyaknya kolam renang yang terletak begitu dekat dengan kasur. Total ada lima kamar tidur di Mandalay.

“Yang berbeda dari Mandalay,” ucap Bowie, “adalah banyaknya pecahan ruang kecil yang bisa membuat Anda tersesat di dalamnya.”

David Bowie berpose di Mandalay menggunakan sarung Indonesia

Ya, ciri khas pulau ini adalah keheningan yang banyak dicari oleh siapapun yang ingin melarikan diri dari keramaian orang. Sangat cocok untuk lokasi berlibur tua dan muda. Anda akan melihat beberapa orang berjemur di sekitar kolam renang maupun pantai, serta beberapa orang berkuda atau bahkan berselancar ombak.

Sekarang perumahan ini masih dipasarkan oleh agen real estate Knight Frank, Edward de Mallet Morgan. “Mustique adalah sebuah pulau sosial yang terus ramai, tapi tetap menjaga suasana privatnya.”

Jika Anda tertarik, Mandalay dipasarkan dengan banderol harga US$ 20 juta atau setara dengan Rp 270 miliar. (Isnaini/Ndw)

Photo by Richard Saker

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya