Menyulap Balkon di Rumah Jadi Area Favorit

Punya balkon di rumah tapi tak tahu cara mendekorasinya? Simak beberapa contoh inspirasi desain melalui ulasan berikut ini

oleh Fathia Azkia diperbarui 06 Mei 2016, 05:19 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2016, 05:19 WIB
Menyulap Balkon di Rumah Jadi Area Favorit
Punya balkon di rumah tapi tak tahu cara mendekorasinya? Simak beberapa contoh inspirasi desain melalui ulasan berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Balkon berasal dari bahasa Italia yang berarti jendela besar. Ini karena aksesnya yang bisa dituju melalui jendela.

Pada umumnya, balkon lebih kecil dari teras. Balkon dimasukkan pada sebuah hunian sebagai upaya untuk memperluas ruang tamu di luar bangunan utama.

Segelintir perumahan baru saat ini menambahkan unsur balkon sebagai pemanis eksterior, sebut saja diantaranya The Elsyian Residence, Villa Padi, The Royale Sawangan Residence, Linea Haus, hingga Adora Townhouse.

Kelima klaster tersebut mengusung balkon yang terletak di lantai dua, terhubung dengan jendela besar atau pintu yang ada di dalam kamar utama. Ukuran balkon dibuat bervariasi, begitupun dengan layoutnya. (Untuk gambaran yang lebih detil tentang lima klaster berikut, Anda bisa menyimaknya di Rumah.com)

Sayangnya, kebanyakan pemilik rumah membiarkan keadaan balkon apa adanya saja, tanpa melihat sisi menarik yang bisa dimanfaatkan.

Padahal bila dilihat secara seksama, balkon sangat mungkin didekorasi secantik yang Anda mau bahkan dapat menjadi salah satu ruang tambahan yang menawan.

Anda dapat memanfaatkannya sebagai ruang baca, ruang santai, area keluarga, bahkan breakfast nook.

Jika Anda tak punya ide yang tepat untuk mendekorasinya, simak rangkuman gambar yang diunggah dari berbagai sumber dibawah ini.

Sumber: Pinterest

Area balkon sangat terbatas? Jangan khawatir! Manfaatkan sudut balkon dengan menempatkan satu buah kursi santai dan meja kecil dengan tinggi yang sama seperti potret diatas.

Selain bisa difungsikan sebagai tempat meletakkan kopi dan camilan, meja ini juga bisa dipergunakan untuk menumpangkan kaki sambil menikmati alunan musik favorit di pagi hari.

Jangan lupa tambahkan bantal empuk khusus pinggang agar waktu relaksasi semakin menyenangkan.

Sumber: Houzz

Bagi Anda yang gemar ber-selfie rasanya tak perlu lagi berkunjung ke restoran tematik untuk bisa mendapatkan background foto yang unik nan menarik perhatian.

Cukup dengan menyulap balkon di rumah dengan dekorasi seperti ini, dan hobi bisa tersalurkan setiap saat.

Untuk mendapatkan sofa bed yang terbuat dari anyaman rotan dengan tudung ini, Anda bisa mendatangi toko furniture terdekat yang menyediakan jasa customized.

Agar suasana seolah berada di area terbuka, tambahkan rumput sintetis sebagai alasnya.

Sumber: Qanvast.com

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk membatasi pandangan orang luar terhadap balkon di kamar tidur Anda adalah memasang tirai. Sesuaikan corak dan warnanya dengan tema kamar tidur atau suasana balkon yang diusung.

Dekorasi lain yang patut ditambahkan adalah sebuah sofa dengan meja kecil. Alhasil, Anda akan punya ruang keluarga tambahan yang bisa dinikmati saat bercanda gurau bersama buah hati dan pasangan.

Jika masih ada sisa lahan, Anda juga bisa menempatkan kolam ikan minimalis, lho!

Sumber: Pinterest

Balkon juga bisa terlihat semarak dengan aneka tanaman hijau yang diletakkan pada railing maupun tergantung di plafon.

Anda bisa memilih pot gantung dan tanam tumbuhan menjalar atau tumbuhan yang proses pertumbuhannya menjuntai ke bawah, seperti lee kwan yew atau janggut musa (spanish moss).

Alternatif lain, beli tanaman yang tumbuh ke atas, misalnya air mata pengantin. Tujuannnya, untuk menambah dimensi ketinggian pagar balkon sekaligus sebagai backdrop yang akan menghalau ekspos dari luar.

Sumber: Flickr

Umumnya pengembang perumahan hanya memberi railing pada balkon sebagai pembatas sekaligus unsur keamanan.

Bila Anda memiliki dana lebih, Anda bisa menghubungi tukang bangunan untuk minta dibuatkan jendela kaca seperti inspirasi desain balkon diatas.

Guna menghadirkan tampilan bernuansa alam, lapisi lantai balkon dengan karpet anyaman berwarna coklat kayu.

Bila ingin menempatkan beberapa pot tanaman ukuran besar, pastikan struktur balkon mampu menampung beban tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya