Agar Tenang dan Aman, Beli Apartemen Siapkan Daftar Pertanyaan

Jangan sembarangan, jangan termakan bujuk rayu bagian pemasaran. Beli apartemen? Agar tenang dan aman, siapkan daftar pertanyaan.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 25 Mar 2018, 11:09 WIB
Diterbitkan 25 Mar 2018, 11:09 WIB
20180323-beli apartemen siapkan daftar pertanyaan
Pihak pengembang lewat Marketing executive atau sales representative-nya umumnya akan menjanjikan beberapa hal kepada konsumen—baik kelebihan kualitas produk, layanan, atau sekadar gimmick.

Liputan6.com, Jakarta Beli apartemen? Agar tenang dan aman, siapkan daftar pertanyaan. Bukan apa-apa, ada banyak kasus seputar pembelian apartemen yang berujung kekecewaan. Sebut saja mulai dari apartemennya yang tidak kunjung dibangun-bangun, fasilitas yang tidak sesuai janji, dan lain sebagainya.   

Ya, jika beberapa tahun ke belakang akibat semakin menipisnya lahan di perkotaan banyak orang terpaksa membeli hunian di pinggiran kota, tapi kini tidak lagi. Sekarang banyak orang, terutama generasi milenial, yang mulai melirik apartemen dengan berbagai keunggulannya. Sebut saja mulai dari lokasi yang strategis yang dekat pusat bisnis hingga fasilitas pendukung gaya hidup yang ditawarkan.

Data Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017 juga menunjukkan bahwa 57% dari 1.020 responden di Indonesia kini memilih apartemen sebagai tipe hunian yang akan dibeli. Ini merupakan peningkatan jika dibandingkan survei pada Semester 2 tahun 2016, dimana hanya 35% responden yang tertarik membeli apartemen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jangan Termakan Bujuk Rayu

Dan biasanya ketika Anda akan membeli apartemen, pihak pengembang lewat Marketing executive atau sales representative-nya umumnya akan menjanjikan beberapa hal kepada konsumen—baik kelebihan kualitas produk, layanan, atau sekadar gimmick. Apapun yang mereka janjikan, pada dasarnya merupakan janji dari pihak pengembang.

Untuk mengetahui hitung-hitungan cicilan KPA Anda perbulannya, gunakan kalkulator keterjangkauan

Berniat beli Apartemen? Agar tenang dan aman siapkan daftar pertanyaan. Jangan sembarangan beli apartemen, apalagi sampai termakan bujuk rayu bagian pemasaran apartemen. Jangan lupa untuk mencatat semua yang diinformasikan, dan bubuhkan tandatangan sebagai bentuk kesepakatan.

Dan berikut adalah daftar pertanyaan yang wajib Anda ajukan.


Ajukan Daftar Pertanyaan

  • Kapan apartemennya mulai dibangun dan kapan diperkirakan selesai.
  • Kapan serah terima kunci bisa dilakukan.
  • Fasilitas-fasilitas (kapasitas daya listrik, lift, cleaning service, security).
  • Harga, diskon, atau promo yang ditawarkan.
  • Spesifikasi bangunan (eksterior maupun interiornya).
  • Term of payment di luar bank (pola pembayaran tunai bertahap tanpa bunga, misalnya ada pengembang yang membolehkan mengangsur sampai 60 kali tanpa bunga).

Penasaran daftar pertanyaan lengkap yang harus diajukan sebelum beli apartemen? Baca artikel lengkapnya, hanya di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya